oleh

Raperda Retribusi Perpanjangan IMTA Dibahas, Ini Pandangan Fraksi PPP

Pati, Mitrapost.com Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Retribusi  Perpanjangan Izin Memperkerjakan Tenaga Asing (IMTA) masih dalam proses pembahasan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati.

Selasa (15/9/2020) lalu, seluruh fraksi di DPRD Kabupaten Pati menyampaikan pandangannya terkait raperda ini. Fraksi PPP melalui juru bicaranya, Sholikul Hadi, juga menyampaikan pandangannya.

Menurutnya, raperda ini sangat urgent, mengingat raperda ini menjadi dasar hukum agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati dapat menarik retribusi perpanjangan IMTA.

“Raperda IMTA sangat urgent karena menjadi payung hukum untuk menjamin retribusi atas Peraturan Pemerintah (PP) nomor 97 tahun 2020 yang memberikan kewenangan yang luas untuk menarik retribusi IMTA yang ada di daerah Kabupaten Pati,” ujar Hadi.

Baca juga: Data Pemkab dan Kemenkumham Berbeda, Fraksi PDIP DPRD Pati Minta Tenaga Asing Diawasi

Selain itu, lanjutnya, raperda ini juga perlu ditetapkan mengingat perlu adanya kepastian hukum terhadap administrasi perizinan tenaga kerja asing (TKA).

“Perlunya kepastian hukum untuk memberikan kepastian terhadap administrasi perizinan TKA oleh pemberi kerja agar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang IMKA, sekaligus dengan pengawasan yang cukup,” tuturnya.

Pihaknya berharap hasil retribusi ini nantinya dapat digunakan untuk mendukung program-program Pemkab Pati dalam mengoperasikan Balai Latihan Kerja (BLK) serta sertifikasi profesi berstandar internasional kepada tenaga lokal di Kabupaten Pati. (Adv/UH/UP/SHT)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed