oleh

Mitos Bulan Safar dan Peristiwa Sejarahnya

Mitrapost.com Bulan kedua dalam kalender Islam adalah bulan Safar. Di berbagai negara bulan Safar ini dianggap sebagai bulan yang penuh malapetaka. Namun ajaran Islam meluruskan anggapan-anggapan buruk tentang bulan Safar.

Secara kebahasaan, bulan Safar diambil dari kata ‘Shafr’ yang artinya kosong. Menurut Ibnu Mandzur dalam Lisânul ‘Arab, hal ini dilatarbelakangi karena pada bulan tersebut orang-orang Makkah dalam sejarahnya berbondong-bondong pergi sehingga kota menjadi kosong.

Pada zaman jahiliah, anggapan bahwa bulan Safar adalah bulan sial atau dikenal dengan istilah tasyâ-um. Bulan yang tidak memiliki kehendak apa-apa ini diyakini mengandung keburukan-keburukan sehingga ada ketakutan bagi mereka untuk melakukan hal-hal tertentu.

Sebaliknya, bulan Safar dalam sejarah Islam justru tercatat bayak peristiwa baik yang terjadi.

Baca Juga :   Saat Manusia Mengeluh Allah Sudah Punya Jawabannya

Baca juga: Ingin Menikah, Ketahuilah Hukum-Hukum Pernikahan dalam Islam

Habib Abu Bakar al-‘Adni dalam Mandzumah Syarh al-Atsar fî mâ Warada ‘an Syahri Safar mencatat bahwa Safar merupakan bulan terjadinya beberapa peristiwa bersejarah.

Antara lain pernikahan Rasulullah dengan Sayyidah Khadijah, pernikahan Sayyidah Fatimah dengan Ali bin Abi Thalib, hijrahnya Rasulullah dari Makkah ke Madinah, perang pertama dalam Islam yaitu perang Abwa, penaklukan Khaibar, dan Rasulullah mengutus Usamah bin Zaid kepada pimpinan prajurit Rum tahun 11 Hijriah.

Meski tidak ada keutamaan tertentu yang dianjurkan pada bulan Safar. Namun melaksanakan ajaran dalam Islam tetap mendapatkan pahala di sisi Allah.

Tentang malapetaka, musibah dan kesialan semua telah diatur oleh Allah dalam qadha dan qadar-Nya. Tetaplah berteguh pada Alquran dan Hadis untuk menjadi pribadi muslim yang beriman dan bertakwa. (fp)

Baca Juga :   Merayakan Hari Kartini, 5 Rekomendasi Buku Mengulas Isu Perempuan

Baca juga: 

 

Artikel ini telah tayang di NU Online dengan judul ‘Marhaban Bulan Safar 1442 H, Bacalah Doa Ini!‘.

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Berita Terkait