oleh

Raperda Izin TKA, Dewan Wanti-wanti Ancaman Berkurangnya Loker untuk Warga Lokal

Pati, Mitrapost.com Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Retribusi Perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA) masih dalam tahapan pembahasan.

Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) melalui juru bicaranya saat menyampaikan pandangan fraksi dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati, Selasa (15/9/2020) lalu, menilai Raperda ini dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Pati.

“(Kami) memberikan apresiasi kepada eksekutif untuk pengajuan Raperda tentang Retribusi Perpanjangan IMTA. Sebagai salah satu upaya untuk mendapatkan dan meningkatkan PAD, Raperda ini adalah salah satu keniscayaan,” ujar juru bicara Fraksi Partai Nasdem saat membacakan pandangan fraksinya.

Baca juga: Data Pemkab dan Kemenkumham Berbeda, Fraksi PDIP DPRD Pati Minta Tenaga Asing Diawasi

Pandangan Fraksi Nasdem yang ditanda tangani Ali Mundir sebagai Ketua dan Diddin Syafrudin sebagai sekretarisnya ini juga mewanti-wanti dampak adanya TKA yang mengakibatkan berkurangnya lowongan kerja bagi penduduk lokal.

“Meningkatnya investasi daerah, alih teknologi dan pengetahuan yang dibawa tenaga kerja asing (TKA) di suatu daerah akan memicu produktivitas tenaga kerja lokal,” ungkapnya.

“Namun, hal ini juga harus diperhatikan dampak ancaman berkurangnya lapangan kerja bagi tenaga kerja lokal dan yang tidak memiliki keterampilan lebih,” lanjutnya.

Maka dari itu, pihaknya mendorong agar tenaga kerja lokal diberikan bekal supaya bisa bersaing dan nantinya bisa menggeser tenaga kerja asing. (Adv/UH/UP/SHT)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed