oleh

Menyongsong Era Industri 4.0, Dewan Pati Sarankan Pelaku UMKM Transisi ke Digital

Pati, Mitrapost.com Melihat kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum reda, anggota DPRD Pati mengajak para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) merambah ke ranah digital demi bertahan di masa pandemi.

Anggota Komisi B DPRD Pati, Narso mengungkapkan fase social distancing yang berimbas pada pembatasan-pembatasan mempercepat transisi industri 4.0 di Indonesia.

Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dalam teknologi pabrik. Istilah ini secara sempit diartikan segala sektor tatanan kehidupan telah menggunakan media internet.

“Kita lihat pandemi ini semakin mempercepat proses transisi industri besar maupun kecil. Dari manual ke digital. Tren industri 4.0 semakin dipercepat dengan adanya pandemi,” ungkapnya pada Kamis (24/9/2020).

Baca juga: Inovasi Digitalisasi Warung Kelontong, Gojek Luncurkan Fitur GoToko

Persaingan digital yang terjadi saat ini, lanjut Narso, masih bisa diikuti oleh masyarakat, karena setiap orang bisa menggunakan perangkat digital. Pengembang-pengembang aplikasi jasa online juga beragam. Yang terpenting media digital bisa meminimalisir biaya produksi dan operasional.

“Misalnya dengan digitalisasi proses pengiriman dan digitalisasi marketing bisa mengurangi biaya oporasional asal kita bisa online. Jasa-jasa juga bisa disediakan dengan yang lebih murah lagi,” urainya.

“Maka dari itu UMKM mau tidak mau harus mengevaluasi sehingga bisa menekan biaya produksi,” pungkasnya. (Adv/MA/UP/SHT)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed