oleh

Dewan Pati Sebut Masa Pandemi Jadi Momentum UMKM Perbaiki Genteng Bocor

Pati, Mitrapost.com Pandemi Covid-19 tak hanya menggerus di sektor kesehatan masyarakat. Sektor ekonomi juga terdampak parah karena dibatasi geraknya akibat penerapan social distancing seperti PSBB di berapa wilayah.

Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso, mengamati resesi ekonomi di Indonesia paling mendampak kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Bagi usaha UMKM, dengan adanya pembatasan jarak alias social distancing dan work from home jelas sangat berpengaruh. Belum lagi sektor informal yang juga terpengaruh. Omzet tidak cuma turun tapi terpangkas,” ungkap Ketua Fraksi NKRI DPRD Pati itu, Jumat (25/9/2020).

Baca juga: Jokowi Tegaskan Kondisi Pandemi Jadi Momentum Perbaiki Ekonomi Desa

Menurut Narso, saat-saat inilah waktunya para pelaku UMKM untuk melakukan evaluasi terhadap usaha yang ditekuninya. Mengingat kedepan, para pengusaha dituntut pintar-pintar menghemat ongkos produksi agar tidak tergerus anjloknya harga-harga di berbagai komoditi karena sepinya permintaan pasar.

“Kondisi sepinya bisnis akibat pembatasan pergerakan sosial ini salah satu hikmahnya adalah semakin banyaknya waktu bagi kita untuk memperhatikan bisnis kita,” ucapnya

“Ibaratnya, saat yang tepat untuk memperbaiki genting yang bocor adalah saat hujan reda dan matahari bersinar terang,” pungkas Narso. (Adv/MA/UP/SHT)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed