oleh

Jokowi Tegaskan Kondisi Pandemi Jadi Momentum Perbaiki Ekonomi Desa

Jakarta, Mitrapost.com Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan bahwa pandemi virus corona harus menjadi momentum untuk memperbaiki ekonomi di desa.

Hal tersebut disampaikan saat rapat terbatas ‘Percepatan Peningkatan Ekonomi Desa’ melalui video conference dari Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/9/2020).

“Pandemi yang tengah kita hadapi harus menjadi sebuah momentum untuk menginstal ulang, memperbaiki lagi, dan juga melakukan reform mengenai strategi besar dalam transformasi ekonomi desa,” kata Jokowi.

Pandemi tidak hanya menggerus masyarakat di perkotaan, tetapi juga di perdesaan. “Dan ketika terjadi krisis ekonomi di perkotaan, maka desa menjadi penyangga, menjadi penyangga karena terjadinya arus balik perpindahan penduduk dari kota ke desa. Jadi bukan urbanisasi tetapi ruralisasi,” lanjutnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Jokowi menekankan ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian para menteri.

Baca juga: Indonesia Gawat Resesi, Dewan Minta Pemkab Buat Program Beli Produk Pati

Diantaranya, dalam jangka pendek semua skema program yang berkaitan dengan jaring perlindungan sosial seperti Program Keluarga Harapan, Bansos Tunai, serta Bantuan Langsung Tunai Desa betul-betul harus dipastikan tepat sasaran dan berjalan efektif.

“Dan pastikan itu diterima oleh masyarakat di desa yang terdampak covid dan yang sangat membutuhkan,” kata dia.

Begitu juga dengan pelaksanaan padat karya tunai yang ada di desa. Menurut Jokowi, program ini harus betul-betul harus dikawal sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat di desa.

“Sehingga bisa mengurangi beban masyarakat desa yang kehilangan pekerjaan, kesulitan mencari kerja, atau pun yang berasal dari keluarga yang tidak mampu di desa,” katanya. (fp)

Baca juga: 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Presiden Jokowi: Pandemi Harus Jadi Momentum Perbaiki Ekonomi Desa“.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed