oleh

Kasus Covid-19 di Pati Tak Pernah Keluar Rumah Positif Covid-19, Kok Bisa?

Pati, Mitrapost.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati mengungkapkan ada kasus orang berdiam diri di rumah tatapi terinfeksi virus corona.

Kepala Dinkes Kabupaten Pati Edy Siswanto mengatakan, hal ini terjadi karena keluarga orang tersebut masih sering keluar rumah sehingga risiko tertular virus yang menyerang sistem pernafasan ini tinggi.

“Kemarin (beberapa waktu yang lalu), juga ada yang orangnya itu sudah menderita penyakit yang cukup berat sehingga dia tidak bisa kemana-mana. Setelah dia itu, masuk ke rumah sakit setelah diperiksa mengarah ke Covid-19,” ujar Edy saat ditemui Mitrapost.com di kantornya, Kamis (24/9/2020).

“Setelah diswab hasilnya juga positif. Jadi risiko penularan tetap ada apabila keluarga yang lain masih keluar rumah dan kurang disiplin menjalankan protokol kesehatan,” lanjut Edy.

Baca juga : Seorang ASN Positif Covid-19, 13 Pegawai akan Diswab

Peristiwa ini, kata Edy, juga mirip dengan kasus tenaga kesehatan (nakes) yang selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) ketika bertugas tetapi masih juga ada yang terinfeksi virus corona.

“Contoh saja, nakes itu selalu pakai APD lengkap tetapi nyatanya juga terpapar (Covid-19). Itu juga terpapar (tertular) dari keluarganya,” tutur Edy.

Kasus-kasus ini sering kali membuat penambahan permasalahan bagi pihaknya dalam memutus rantai penyebaran virus corona.

“Itu lah kadang-kadang yang sulit mendeteksinya. Kalau di keluarga itu kan terkadang protokol kesehatan menjadi longgar,” tandasnya.

Maka dari itu, ia selalu mewanti-wanti agar masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan. Apabila keluar rumah. Menurutnya protokol kesehatan ini mampu melindungi diri sendiri, keluarga maupun orang lain. (*)

Baca juga :

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Berita Terkait