oleh

Raperda Tanggung Jawab Perusahaan 3 Tahun Mangkrak, Dewan Pati: Ini Harus Gol

Pati, Mitrapost.com – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) sudah ada sejak 2017.

Namun, hingga kini Raperda ini belum berhasil dijadikan Peraturan Daerah (Perda). Maka dari itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati berharap Raperda yang mengatur tanggung jawab perusahaan ini dapat segara disahkan menjadi Perda.

“Rancangan ini sudah ada sejak 2017. Maka harus digolkan ini,” ujar Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Pati Suwarno saat ditemui Mitrapost.com di Gedung DPRD Kabupaten Pati, Sabtu (26/9/2020).

Baca juga : Gereja Ditutup, Dewan: Langkah Tepat Pangkas Penyebaran Covid-19

Namun, sayangnya harapan ini belum bisa terealisasikan dalam waktu dekat. Pasalnya, DPRD Kabupaten Pati pada tahun 2020 ini sudah tidak mempunyai anggaran untuk pembahasan Raperda lagi.

“Covid-19 ini membuat dana kami juga terkurangi. Jadi ndak bisa tahun ini. Tapi insyaallah tahun 2021 jadi mengingat Raperda ini memang dibutuhkan masyarakat,” ungkap Suwarno.

Meskipun demikian pihaknya tetap mempersiapkan Raperda ini agar lebih sempurna sehingga awal tahun 2021 Raperda ini dapat disahkan.

“Iya, agar tidak tergeser oleh Raperda yang lainnya. Awal 2021 semoga sah,” tandasnya.

Raperda ini ada untuk memberikan payung hukum kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati agar dapat meminta pertanggungjawaban sosial maupun lingkungan terakit dengan pabrik yang ada di Kabupaten Pati. Pihaknya tidak ingin perusahaan hanya mengeruk keuntungan tanpa memperdulikan lingkungan maupun masyarakat sekitar perusahaan. (Adv/UH/DF/SHT)

Baca juga : 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebookinstagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed