oleh

Jokowi Sebut Vaksin Covid Akan Disuntikkan ke 180 Juta Jiwa

Jakarta, Mitrapost.com Presiden Joko Widodo sebut kurang lebih 180 juta jiwa akan mendapatkan suntik vaksin Covid-19. Pihaknya optimis vaksin tersebut siap disuntikkan pada akhir tahun 2020 dan awal tahun 2021.

“Insya Allah akhir tahun atau awal tahun depan vaksinnya sudah bisa disuntikkan, artinya situasi sudah bisa normal kembali, tapi yang disuntik kurang lebih 170 – 180 juta, butuh berapa bulan juga ini memerlukan kerja keras kita semua,” ujar Jokowi.

Namun Jokowi mengakui bahwa tak semua masyarakat bisa mendapatkan vaksin. Kata Jokowi, masih harus bekerja lebih lagi untuk memenuhi kebutuhan vaksin.

“Usahakan tapi harus bisa bertahan seperti yang saya sampaikan vaksin bisa segera disuntikkan. Insya Allah Desember atau Januari,” lanjutnya dalam kegiatan pembagian Bantuan Modal Kerja (BMK) bagi masyarakat, Rabu (30/9/2020).

Baca juga: 9 Calon Vaksin Covid-19 yang akan Diuji Klinis di Indonesia

Sementara itu Ada total sembilan calon vaksin Covid-29 yang akan dilakukan uji klinis di Indonesia.

Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan Alexander Kaliaga Ginting Suka mengatakan kementerian akan memantau seluruhnya.

Alex menjelaskan, dari Mei sampai Agustus 2020 jumlah kandidat vaksin di dunia sebanyak 180 macam. Sebanyak 145 di antaranya masih menjalani uji pra klinis. Adapun yang sudah diuji pada manusia, namun masih di tahap awal atau fase 1 dan 2, ada 26 vaksin.

“Sedang mereka yang sudah di fase 3 ada 9 vaksin yang sedang kita tunggu hasilnya,” ujar Alexander di acara Dies Natalies 63 Tahun Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Kamis (17/9/ 2020). (fp)

Baca juga: 

 

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul ‘Jokowi: Vaksin Insya Allah Akhir Tahun, Kurang Lebih 180 Juta‘.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed