Antara Obat dan Vaksin, Ini Penjelasan Dinkes Pati

Pati, Mitrapost.com Masifnya penyebaran virus corona menuntut pemerintah untuk menemukan vaksin dan obat. Bahkan disebut, ada 9 vaksin Covid-19 yang akan diuji klinis di Indonesia. Lalu apakah yang dimaksud vaksin itu?

dr. Joko Leksono Widodo selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Pati mengatakan, vaksin adalah virus yang dilemahkan dan telah diolah. Apabila vaksin diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan tertentu secara aktif terhadap penyakit tertentu.

“Artinya kalau dia (vaksin) masuk tubuh, dengan harapan tubuh kita kan punya memori, jadi kalau ada hal-hal yang seperti dia sudah kenal dan membentuk antibodi,” terang Joko kepada Mitrapost.com, Sabtu (19/9/2020).

Baca Juga :   Meski Telah Divaksin Tetap Berisiko Terpapar Covid-19, Ini Penyebabnya

Sedangkan obat adalah bahan atau paduan bahan yang digunakan untuk mengobati, yang didalamnya tidak terdapat mikroorganisme atau virus untuk bahan pembuatannya.

Baca juga: 9 Calon Vaksin Covid-19 yang akan Diuji Klinis di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati