oleh

Penyertaan Modal Pada PDAM Diharapkan Dewan Mampu Menambah PAD

Pati, Mitrapost.com Dewan Pati berharap Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Bening mampu berkontribusi menambah pendapatan daerah Kabupaten Pati. Terlebih PDAM akan diikutkan dalam penyertaan modal yang diatur dalam perda.

Hal tersebut disampaikan oleh Aris Sukrisno anggota DPRD Kabupaten Pati fraksi Demokrat saat penyampaian pandangan umum fraksi pekan lalu.

Dalam perda disebutkan PDAM Tirta Bening akan dapat anggaran Rp6 miliar pada APBD tahun anggaran 2021.

“Semoga penyertaan modal ini bisa menambah pendapatan daerah dan juga bisa memberi manfaat pada masyarakat yang lebih maksimal lagi,” ujar Aris.

Baca juga: PDAM Pati Dapat Suntikan Modal Setiap Tahun, Saatnya Beri Kontribusi

Aris menegaskan agar dalam laporan penyertaan modal ini pihak PDAM harus transparan agar  tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dalam penyertaan modal, juga harus disertakan lampiran RAB sebagai acuan yang bisa dipertanggungjawabkan secara rinci. Baik untuk penyertaan modal pada Bank Jateng, BPR, bank daerah Pati maupun pada PDAM sehingga kedepannya tidak terjadi asumsi-asumsi atau humor yang salah pada penyertaan modal ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto mengatakan usulan tambahan penyertaan modal untuk BUMD sudah dilengkapi dengan analisa investasi dan pelaksanaanya. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan kinerja masing-masing BUMD sesuai bidang usahanya.

“Diharapkan untuk bidang perbankan dapat memperkuat posisi permodalan. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ekspansi kredit kepada masyarakat yang bergerak dalam berbagai macam sektor usaha.”

“Sedangkan untuk Perumda Air Minum Tirta Bening dimanfaatkan untuk membangun dan meningkatkan jaringan distribusi sehingga diharapkan dapat memperluas cakupan dan meningkatkan kontinuitas pelayanan,” pungkasnya. (Adv/AR/UP/SHT)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed