oleh

Dewan Pati : Pemutakhiran DTKS Perlu Dilakukan

Pati, Mitrapost.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati dari Fraksi PKB, Muntamah menyoroti Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Dinas Sosial Kabupaten Pati.

Saat pandemi seperti sekarang ini, data tersebut dianggapnya sangat berperan mendukung keberlangsungan kehidupan warga Pati, khususnya untuk keperluan penyaluran bantuan sosial.

Baca juga: Rawan Kecelakaan, Dewan Pati Tekankan Perbaikan Jalan Grogolan-Alasdowo

Banyak aduan di masyarakat terkait penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran bahkan tumpang tindih dengan bantuan sosial (bansos) lain.

Muntamah mengimbau agar kevalidan DTKS ini diperhatikan oleh pemerintah kabupaten (Pemkab) Pati.

“Data DTKS data terpadu kesejahteraan sosial yang merupakan rumah besar untuk bantuan pemerintah perlindungan sosial harus benar-benar valid,” ungkap Muntamah mewakili Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa dalam Rapat Paripurna DPRD Pati beberapa waktu yang lalu.

Baca juga: Hari Santri Nasional 2020, Ini Harapan Dewan Pati

Muntamah menilai validitas dapat diraih dengan melakukan pemutakhiran data. Selain memverifikasi kembali data yang sudah ada, pemutakhiran data juga bisa meminimalisir data hantu (fiktif).

Menurutnya, Dinas Sosial Pati harus terbuka menerima masukan atau pelaporan yang diajukan masyarakat baik berupa data baru atau laporan berupa kesalahan.

Hal ini perlu dilakukan lantaran DTKS merupakan data yang sifatnya dinamis sehingga tidak mungkin akan sepenuhnya sempurna. (ADV/MA/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed