oleh

Bukan Molor, Dewan Pati Sebut Laboratorium PCR Dipercepat Sebulan

Pati, Mitrapost.com Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengatakan pembuatan Laboratorium PCR di RSUD RAA Soewondo tidak mengalami pengunduran. Justru proses pembuatan laboratorium ini dipercepat satu bulan dari seharusnya.

Hal tersebut terungkap saat Komisi D DPRD Kabupaten Pati melakukan inspeksi mendadak (sidak) di RSUD RAA Soewondo, pekan lalu. Dalam sidak tersebut pihak vendor mengatakan bahwa seharusnya pengerjaan proyek Laboratorium PCR setidaknya memerlukan waktu 2 bulan atau dapat terlaksana pada Desember 2020 mendatang.

“Saat kami sidak normalnya dari pihak ketiga yang mengerjakan itu 2 bulan, sudah dipercepat 1 bulan,” ujar anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pati Muntamah kepada Mitrapost.com, Kamis (5/11/2020) lalu.

Baca juga: Resmi, Laboratorium PCR RSUD Soewondo Pati Bisa Tes 180 Spesimen Sehari

Hal ini juga diamini Plt. Direktur RSUD RAA Soewondo Pati, Pirno. Pirno menjelaskan laboratorium ini memang direncanakan sejak bulan Agustus. Namun anggaran ditetapkan pada bulan Oktober dan selama 1 bulan pihaknya mampu menyelesaikan laboratorium untuk menguji sampel dari tes swab ini.

“Disiapkan bulan Agustus, 1 Oktober anggaran ditetapkan,” kata Pirno.

Sebelumnya, pada saat perencanaan, laboratorium ini ditargetkan dapat beroperasi pada awal Oktober. Namun, karena anggaran baru disepakati pada 1 Oktober, laboratorium ini akhirnya bisa beroperasi mulai Jumat (6/11/2020).

Dalam menyiapkan laboratorium ini RSUD RAA Soewondo menyiapkan empat hal, yakni mulai dari gedung, alat kesehatan, sumber daya manusia atau tenaga ahli dan perizinan.

Ada dua perizinan yang harus dipenuhi RSUD RAA Soewondo untuk dapat mengoperasikan laboratorium untuk menguji spesimen virus corona ini, yakni izin operasional dan izin penetapan.

Untuk izin operasional sudah didapatkan karena izin ini melamar dengan izin operasional rumah sakit. Sedangkan untuk izin penetapan, RSUD RAA Soewondo belum mendapatkan secara tertulis namun telah diizinkan secara lisan. Dan pada pekan depan diharapkan dapat memperoleh izin secara tertulis. (Adv/UH/UP/SHT)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Berita Terkait