oleh

Kemenag Pati Prediksi Tahun Depan Jamaah Bisa Jalankan Ibadah Haji

Pati, Mitrapost.com – Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Abdul Hamid mengungkapkan, hasil  dari evaluasi awal bagian penyelenggara haji Kemenag, tahun depan diproyeksi para jamaah dari Indonesia sudah dapat berhaji ke tanah suci.

Tentunya juga pelaksanaan ibadah rutin ini dibarengi dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Terapkan Protokol Kesehatan Ketat, Kemenag Pati Gelar MTQ XXXVI dan STQ XXVI

Para calon jamaah haji yang telah lunasi pembayaran tahun ini, juga dipastikan tahun depan otomatis akan diberangkatkan jika telah diizinkan oleh pemerintah Arab Saudi.

“Sampai hari ini Alhamdulillah tren (kasus covid-19) nya menurun, evaluasi awal kalau kondisi bisa stabil kemungkinan haji 2020 juga akan diberangkatkan dengan protokol kesehatan,” kata Abdul Hamid saat ditemui di Kantor Kemenag Pati beberapa waktu yang lalu.

Baca juga: Cegah Perceraian, Kemenag Pati Gelar Bimbingan Perkawinan

Seperti diketahui, bahwa dana perjalanan umrah bagi jamaah yang berangkat di masa pandemi dinaikkan hingga 60 persen, lantaran jamaah dibebani biaya swab, karantina, dan akomodasi yang social distancing. Saat ditanya besaran biaya haji 2021, Hamid belum bisa memastikan.

“Kita belum tahu apakah nanti swabnya menjadi tanggungjawab jamaah atau jadi tanggung jawab APBN. Tentu yang semacam itu nanti teknis keuangan akan dikomunikasikan antara Kementerian Agama RI dan DPR. Nanti kesepakatannya seperti apa, termasuk juga untuk tambahan biaya, besarnya berapa sekian tentu kespakatan,” Pungkas Hamid.(*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait