Memasuki Musim Penghujan, BPBD Petakan 4 Kecamatan Berpotensi Banjir

Pati, Mitrapsot.com – Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati mencatat ada 4 Kecamatan di Pati yang rawan terkena bencana banjir.

Ke empat kecamatan tersebut antara lain, Kecamatan Juwana di mana terdapat 10 desa  dengan potensi banjir kategoti tinggi, juga  Kecamatan Jakenan dengan 6 desa berpotensi banjir kategori tinggi dan 5 desa dengan potensi banjir kategori  sedang.

Baca juga: BPBD Pati Minta Warga Siaga, Fenomena La Nina Bakal Picu Curah Hujan Tertinggi

Selanjutnya adalah kecamatan Gabus yang juga memiliki 10 desa dengan potensi banjir tinggi, dan terakhir Kecamatan Pati dengan 6 desa berpotensi banjir kategori tinggi dan 9 desa dengan potensi banjir kategori sedang.

Baca Juga :   Banjir Kembali Melanda Pati, DPRD Harapkan Kesadaran Masyarakat Jaga Lingkungan

Hermain selaku Kasi Pencegahan BPBD Pati kepada Mitrapost.com mengungkapkan, berbagai antisipasi bencana banjir telah disiapkan.

Baca juga: Kurangi Risiko Dampak Banjir, BPBD Inovasi Alat Deteksi Ekonomis

“Sudah kami bentuk di 13 desa, masyarakat tangguh bencana (Mastana), juga sudah ada 5 desa yang memiliki rambu evakuasi, bagi desa yang belum ada rambu, kami edukasi kepada perangkat desa menginformasikan titik kumpul apabila terjadi bencana,” katanya kepada Mitrapost.com saat ditemui di Kantor BPBD kemarin.