oleh

Desa Tayu Wetan Rawat Puluhan Orang Gila Secara Swadaya

Pati, Mitrapost.com – Jiwa sosial warga Desa Tayu Wetan Kecamatan Tayu Kabupaten Pari patut dicontoh. Demi mengurangi angka orang gila di Kecamatan Tayu, warga desa rela merawat orang gila yang justru sering dijauhi.

Zaenuri, Kepala Desa Tayu Wetan mengungkapkan gerakan merawat orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) ini digagas oleh satu keluarga kemudian warga yang tergerak hatinya untuk berkontribusi.

Aktivitas merawat ODGJ ini kemudian diabadikan dalam bentuk video Youtube di channel Sinau Hurup.

Baca juga: Video : Tekan Terpapar Corona, Endro Ajak Warga Tayu Lakukan Olahraga Ringan

Setelah dirawat para ODGJ kemudian diupayakan untuk dipertemukan dengan keluarga melalui Youtube.

“Kita sudah merawat puluhan orang gila, kita mandikan, kasih pakaian, kasih makan. Tujuannya agar Kecamatan Tayu khususnya Desa Tayu Wetan bebas dari orang gila” kata Zaenuri kepada Mitrapost.com, Selasa (24/11/2020).

Awalnya biaya perawatan menggunakan dana swadaya masyarakat, lambat laun channel Youtube bisa dimonetasi sehingga kegiatan dapat berjalan dua tahun lebih.

Baca juga: Tingkatkan Pelayanan, KSH Tayu Tandatangani MoU Dengan Jasa Raharja

“Kita juga punya Youtube, kebetulan sudah bisa dimonetasi. Juga ada bantuan dari keluarga orang gila yang telah kita pertemukan. Alhamdulillah sekarang kita sudah punya dana,” imbuh Zaenuri.

Dalam waktu dekat diakui Zaenuri, pihak Pemerintah Desa akan menggunakan bangunan puskesmas kurang produktif di Tayu Wetan sebagai panti sosial sederhana agar penangan ODGJ lebih maksimal.

Baca juga: Diduga Mesin Korsleting, Angkutan Desa Ludes Terbakar di Kalikalong Tayu

“Rencananya, kan ada puskesmas yang kurang aktif kalau bisa kita sewa atau gunakan untuk tempat merawat semacam panti sosial begitu,” katanya.

Gerakab merawat ODGJ ini telah didukung oleh pihak Kecamatan Tayu dan seluruh pemerintah desa di kecamatan Tayu. Lantaran pernah viral aktivitas warga Desa Tayu Wetan Ini juga telah diketahui oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan DPRD Jawa Tengah, Endro Dwi Cahyono.

Baca juga: Warga Eks Kawedanan Tayu Diimbau Tidak Keluar Daerah Dulu

Zaenuri berharap, gerakan merawat ODGJ di Tayu ini ikut diviralkan oleh warga Pati dengan cara mendukung channel Youtube Sinau Hurip untuk keberlangsungan kegiatan.

“Kami ikhlas, tidak minta bantuan tapi kalau dibantu kami juga tidak menolak, tolong diviralkan kegiatan kami dan dibantu Youtube-nya agar makin banyak orang gila yang dapat dirawat dan dipertemukan dengan keluarganya,” pungkas Zaenuri.(*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait