oleh

Tren Cupang Naik Saat Pandemi, Pembudi Daya Bisa Beli Mobil

Pati, Mitrapost.com Pada masa pandemi Covid-19, tren hobi memelihara ikan cupang (Betta Splendes) mengalami peningkatan cukup signifikan. Hal ini menjadikan bisnis budi daya (breeding) ikan cupang juga ikut melejit.

Harga ikan cupang naik dan menjanjikan keuntungan menggiurkan untuk pelaku budi daya. Hal ini turut dirasakan pembudi daya ikan cupang di Pati. Bahkan salah satu pembudi daya ikan cantik ini mengaku dapat membeli mobil.

“Budi daya cupang tahun ini, untuk sekadar beli mobil bisa lah,” ujar Septiyan Buyung (26) mengilustrasikan potensi pendapatan di bisnis breeding ikan petarung siam, akhir pekan lalu.

Pemilik rumah budi daya ikan cupang Hola Betta yang berada di Perumahan Rendole, Muktiharjo, Kecamatan Margorejo ini baru menekuni bisnis ikan cupang selama sekira satu tahun.

“Awalnya dari hobi memotret, kemudian diajari nge-breed (budi daya), sampai sekarang lumayan lah (jadi sumber penghasilan),” kata dia.

Baca juga: Mengandung Banyak Manfaat, Dispertan Pati Sarankan Budidaya Kopi Organik

Septiyan menilai, tren ikan cupang pada masa pandemi Covid-19 ini memang sangat melejit. Hampir semua kalangan suka. Menurutnya, yang menarik dari ikan cupang adalah warna dan ekornya yang bervariasi.

“Banyak warna tergantung jenisnya, ekornya juga. Kalau untuk difoto saya suka halfmoon,” ungkap dia.

Septiyan menambahkan, jenis ikan cupang yang harganya tengah sangat melejit ialah avatar dan blue rim. Harganya bisa ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

“Secara umum harga naik signifikan dibanding tahun lalu. Awalnya cuma Rp 30-50 ribu dianggap mahal, sekarang Rp 500 ribu murah,” tutur dia.

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Berita Terkait