oleh

Over Kapasitas, TPA Tanjungrejo Kudus Bakal Diperluas Hingga 4,9 Hektare

Kudus, Mitrapost.com Hingga akhir tahun 2020 Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanjungrejo, Kudus telah melebihi kapasitas untuk menampung sampah dari masyarakat. Oleh karenanya, Pemkab Kudus mengajukan perluasan tempat.

Luas lahan TPA Tanjungrejo yang ada sekarang 5,25 hektare. Namun sejak tahun 1983 hingga sekarang belum pernah ada perluasan, sedangkan sampah yang ditampung setiap harinya mencapai 125 ton.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menyiapkan anggaran untuk perluasan TPA Tanjungrejo sebesar Rp5,5 miliar dengan luas 4,9 hektare.

“Usulan awal anggaran yang kami butuhkan untuk perluasan lahan seluas 4,9 hektare. Dengan anggaran sebesar Rp5,5 miliar dari APBD 2021 belum bisa dipastikan cukup atau tidak,” kata Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kudus Agustinus Agung Karyanto, Jumat (4/12/2020).

Baca juga: Limbah Pabrik Ikan Mengganggu Warga, Komisi C Sidak ke Lapangan

Harga jual lahan per meter perseginya, kata dia, masih harus menunggu tim penilai untuk mengetahui harga jual tanah yang wajar untuk lahan di sekitar TPA Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kudus, yang menjadi sasaran perluasan.

Kalaupun anggaran yang tersedia belum cukup, dia berharap bisa dipenuhi lewat APBD 2021 perubahan. Dengan tambahan lahan seluas itu, diperkirakan mampu menampung sampah rumah tangga maupun pasar tradisional antara 15 tahun hingga 18 tahun.

“Perkiraan tersebut juga sudah mempertimbangkan pertumbuhan penduduk setiap tahunnya di Kudus,” ujarnya.

Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kudus juga sudah menyusun studi kelayakan dan bestek gambar kerja detail (Detail Engineering Design/DED) untuk perluasan TPA tersebut.

Sementara itu sebelumnya untuk mengatasi pengurangan pembuangan sampah, Pemkab Kudus mendorong masyarakat membentuk bank sampah dengan harapan di masyarakat ada upaya pemilahan sampah untuk dimanfaatkan kembali sehingga sampah yang dibuang ke TPA juga berkurang. (fp)

Baca juga: 

 

Artikel ini telah tayang di Antara Jateng dengan judul ‘Pemkab Kudus siapkan Rp5,5 miliar perluasan TPA Tanjungrejo‘.

Komentar

Berita Terkait