Jadi Desa Wisata Pancasila, Ini 9 Pesona Desa Jrahi Pati

Pati, Mitrapost.com Pada Rabu (2/12/2020) pekan lalu, Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal diresmikan menjadi Desa Wisata Pancasila oleh Bupati Kabupaten Pati Haryanto.

Desa yang terletak di Gunung Muria ini menjadi Desa Wisata Pancasila lantaran keberagaman masyarakatnya mencerminkan keberagaman Indonesia.

Masyarakat di desa Jrahi menganut setidaknya 4 agama, yakni Islam, Kristen, Hindu, Budha dan aliran kepercayaan Sapto Darmo.

Selain mempunyai masyarakat yang plural, Jrahi juga dianugerahi keindahan alam yang mempesona. Keindahan alam ini menjadi salah satu daya tarik yang membuat pengunjung rela menempuh jarak yang cukup jauh untuk menikmati segudang pesona Jrahi.

“Yang disuguhkan di Desa Jrahi ada beberapa hal seperti wisata alam, wisata edukasi, wisata buatan,” ujar Kepala Desa Jrahi Miko Adi Setiawan kepada Mitrapost.com pada Rabu pekan lalu.

Baca Juga :   Video : Reses di Mojoagung, Endro Dwi Cahyono Dukung Pembentukan Desa Wisata

Baca juga: Jrahi: Desa Plural di Pati Jadi Desa Wisata Pancasila

Berikut beberapa pesona Jrahi yang patut dikunjungi:

  1. Grenjangan Sewu

Destinasi wisata alam ini berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan dinding-dinding batu, pepohonan hijau nan rindang serta aliran sungai yang jernih. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat kera-kera yang bergelantungan di pepohonan.

  1. Vihara Sadhagiri

Destinasi berbasis religi ini merupakan bangunan tempat ibadah umat Budha yang indah nan megah yang berdidi di Bumi Mina Tani.

  1. Pancur Songo

Destinasi yang memiliki 9 sumber mata air ini diyakini memberikan hal yang positif bagi orang yang meminum atau mandi dengan air di sana.

“Pancur 9 itu budaya lokal yang zaman dahulu dipercaya siapa yang mandi di sana kalau mempunyai keinginan terwujud.”

Baca Juga :   Bantuan Dana Desa Wisata, Dewan Harapkan Bisa Dongkrak Perekonomian

Misal seperti waktu mau pemilihan kepala desa pasti pancur 9 rame orang-orang yang mau menyalonkan diri mandi disana,” tutur Miko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati