oleh

Ada Dua Bibit Siklon Tropis, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Gelombang Tinggi

Mitrapost.com Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan bagi masyarakat yang akan melakukan aktivitas di pesisir dan perairan.

Pantauan BMKG kecepatan angin yang tercatat maksimum yaitu 30 knot sehingga berdampak pada peningkatan tinggi gelombang di wilayah selatan Indonesia. Oleh sebab itu masyarakat diimbau untuk waspada terhadap potensi gelombang tinggi yang bisa mencapai ketinggian 6 meter.

Fenomena alam ini juga dipengaruhi adanya dua bibit siklon tropis. Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangan tertulisnya menjelaskan kedua bibit siklon tropis tersebut berada di wilayah yang berbeda.

Pertama, bibit siklon tropis 96S terdapat di Samudera Hindia selatan Jawa Barat. Kedua, bibit siklon tropis 99S terpantau di Samudera Hindia selatan Nusa Tenggara Timur.

“Selain itu, kondisi angin signifikan berkisar 25-30 knot juga terpantau di Laut China selatan timur Vietnam juga akan memberikan dampak secara tidak langsung terhadap tinggi gelombang,” kata Guswanto.

Baca juga: Kapal Tongkang Oleng Diterjang Angin di Perairan Musi, Nahkoda Ditemukan Tewas

Wilayah Indonesia dengan gelombang tinggi

Berikut daftar wilayah yang berpeluang mengalami gelombang tinggi yang bisa mencapai 6 meter dalam dua hari ini, Rabu hingga Kamis, 9-10 Desember 2020.

Gelombang tinggi 2,50 – 4,0 meter (kategori tinggi)

Laut Jawa bagian tengah dan timur

Perairan barat Lampung

Selat Sunda bagian barat dan selatan

Samudera Hindia barat Lampung hingga selatan Banten

Gelombang tinggi 4,0 – 6,0 meter (kategori sangat tinggi)

Perairan selatan Jawa Tengah dan Jawa Timur

Samudera Hindia selatan Jawa Barat hingga Jawa Timur

Laut Natuna Utara Dengan kondisi tersebut,

Guswanto mengingatkan kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi untuk tetap waspada dan siaga.

“Kapal atau perahu kecil dihimbau untuk tidak memaksakan melakukan aktivitas pelayaran serta diharapkan untuk memperhatikan update informasi cuaca dan gelombang tinggi BMKG,” ujarnya. (fp)

Baca juga: 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Waspada Gelombang Tinggi Capai 6 Meter di Laut Jawa hingga Natuna“.

Komentar

Berita Terkait