oleh

Gempa di Brebes Terasa di Kuningan, 23 Rumah Rusak

Kuningan, Mitrapost.com Gempa berkekuatan magnitudo 4,2 di Brebes, Jawa Tengah akibatkan puluhan rumah warga di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat rusak akibat guncangan.

Badan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan mencatat ada 23 rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan Indra Bayu mengatakan puluhan rumah yang terdampak gempa itu berada di Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan.

“Ada 23 rumah yang terdampak di Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin. Rinciannya empat rumah rusak sedang dan 19 rumah rusak ringan,” kata Indra, Jumat (11/12/2020).

Baca juga: 147 Rumah Rusak Akibat Bencana Tanah Bergerak, Ratusan Warga Turut Diungsikan

Selain rumah warga, dua unit fasilitas umum yakni gedung Puskesmas dan Posyandu di Desa Cipondok juga mengalami kerusakan ringan.

Menurut Indra saat ini tim BPBD Kabupaten Kuningan masih melakukan pendataan kemungkinan masih adanya rumah warga lainnya yang mengalami kerusakan.

Selain di Kecamatan Cibingbin, gempa yang terjadi di Brebes itu juga dirasakan beberapa kecamatan di Kabupaten Kuningan diantaranya Kecamatan Cibeureum dan Kecamatan Cimahi.

Baca juga: 20 Kali Gempa Guguran Merapi, BPPTKG: Aktivitas Vulkanik Tinggi

Sementara itu, melansir Tirto.id Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa ini memiliki kekuatan 4,2 SR.

Episenter terletak pada koordinat 7,07 LS dan 108,87 BT tepatnya di darat pada jarak 28 km arah baratdaya Brebes, Jawa Tengah pada kedalaman lima kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa ini merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu aktivitas Sesar Brebes,” kata Daryono.

Baca juga: Aktivitas Merapi Meningkat, Gempa Vulkanik Dangkal Terjadi 15 Kali

 

Artikel ini telah tayang di Detik.com dengan judul ‘Gempa M 4,2 Guncang Brebes, 23 Rumah di Kuningan Rusak

Komentar

Berita Terkait