Puncak Musim Hujan Diprediksi Berlangsung Januari hingga Februari 2021

Mitrapost.com Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan akan terjadi pada Januari hingga Februari 2021.

Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal mengimbau masyarakat untuk siap siaga terhadap potensi bencana hidrometeorologi yang berpeluang muncul di periode tersebut.

Berdasarkan data terakhir BMKG pada 8 Desember 2020 menyebutkan, anomali iklim La Nina terpantau masih berlangsung di Samudera Pasifik dengan intensitas level moderat. Suhu muka laut Samudera Pasifik bagian tengah daerah Nino 3.4 menunjukkan anomali sebesar -1.4°C.

“Sehingga perkembangan saat ini menunjukkan Intensitas La Nina moderat yang diprediksi akan mencapai puncaknya pada periode Januari – Maret 2021, dan kemudian akan melemah pada bulan Mei 2021,” kata Herizal, Sabtu (12/12/2020).

Baca Juga :   Prakiraan Cuaca Kabupaten Pati, Selasa 13 Juli 2021

Sedangkan musim hujan diprediksi akan berlangsung hingga bualan April. BMKG mencatat akumulasi curah huhan yang terjadi adalah kriteria tinggi hingga sangat tinggi atau lebih besar 300 mm per bulan pada bulan Desember 2020 – Januari 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati