oleh

Sempat Tak Beraktivitas Lantaran Cuaca Buruk, Kini Nelayan Kembali Melaut

Pati, Mitrapost.com – Para nelayan di Kabupaten Pati kembali lanjutkan aktivitas mencari ikan. Sebelumnya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati mengimbau untuk menghentikan sementara berlayar di laut lantaran cuaca ekstrim dan curah hujan yang tinggi beberapa waktu lalu.

“Kemarin awal Desember ada info cuaca buruk, ombak cukup tinggi, dan curah hujan tinggi. Kami sudah imbau ketua kelompok nelayan dan share data tersebut dari BMKG dan nelayan banyak yang tidak melaut. Kalau minggu-minggu ini nelayan sudah mulai melaut,” kata Sholeh, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati kepada Mitrapost.com, Senin (14/12/2020).

Baca juga: Jam Malam, 3 Ruas Jalan di Pati Ditutup Sepekan

Selain dihadapkan pada Anomali La nina, Soleh mengatakan tahun ini adalah tahun yang kurang bersahabat bagi para nelayan kapal kecil di Pati. Pasalnya selain terkena dampak pandemi Covid-19, di bulan Agustus hingga Oktober lalu para nelayan harus alami paceklik lantaran jarangnya hujan dan salinitas (tingkat keasinan air) meningkat sehingga membuat ikan enggan ke pinggir.

Sehingga pada pada saat musim penghujan datang, para nelayan berlomba-lomba untuk melaut.

Komentar

Berita Terkait