oleh

Klaster Pesantren, 97 Santri di Salatiga Terkonfirmasi Positif Covid-19

Salatiga, Mitrapost.com Sebanyak 97 santri di Kota Salatiga terkonfirmasi positif terpapar virus corona. Hal ini menjadi klaster baru penyebaran virus yang menyerang saluran pernapasan.

“Terdapat 97 orang terkonfirmasi positif Covid-19 yang berasal dari pondok pesantren di Kota Salatiga,” jelas Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, Rabu (16/12/2020).

Puluhan santri dan pengajar terkonfirmasi virus Corona itu berasal dari tiga pondok pesantren di kawasan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga. Dari laporan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, ada beberapa santri yang mengidap gejala kehilangan indra penciuman.

“Awalnya terdapat 30-an anak dari ponpes yang kehilangan indra penciuman. Setelah di-swab massal 5-7 Desember kemarin, hasilnya tercatat 97 orang positif Covid-19,” jelasnya.

Baca juga: Klaster Pesantren di Kendal, 92 Santri Positif Covid-19

Tracing juga telah dilakukan di tiga ponpes tersebut. Sebanyak 219 santri ponpes yang memiliki asrama telah menjalani tes swab.

“Untuk mereka yang positif Covid-19 dari klaster ponpes saat ini mendapatkan pelayanan kesehatan dan diisolasi di ruang isolasi agar tak menulari mereka yang negatif Corona,” jelasnya.

Pemkot Salatiga juga melakukan kebijakan lockdown ke pondok pesantren itu. Kebijakan itu agar tak ada penambahan penularan Covid-19 dari klaster pondok pesantren di Salatiga.

“Kami langsung melakukan lockdown agar penularan Covid-19 dari klaster ponpes di Salatiga tak bertambah,” jelasnya. (fp)

Baca juga: Inspiratif, Desa Pekalongan Pati Masuk 6 Besar Jogo Tonggo Se-Jateng

 

 

Artikel ini telah tayang di Detik.com dengan judul ‘Ada Klaster Ponpes di Salatiga, 97 Orang Kena Corona

Komentar

Berita Terkait