Terendam Banjir, Kerugian Petani Padi di Kudus Bisa Capai 15 Juta Per Hektare

Kudus, Mitrapost.com Banjir yang melanda sejumlah pemukiman wilayah di Kabupaten Kudus juga merendam ribuan hektar sawah.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kudus Dewi Masitoh menjelaskan setidaknya 1.718 hektare tanaman padi  yang tersebar di sejumlah kecamatan terendam banjir dengan ketinggian bervariasi.

“Tanaman padi petani yang tergenang banjir tersebut, tersebar di Kecamatan Undaan, Mejobo, Jati, Kaliwungu, dan Jekulo dengan luas lahan bervariasi,” jelas Dewi mengutip Antara pada Selasa (16/12/2020).

Adapun sawah yang paling banyak terrendam diantaranya ada di Kecamatan Undaan dengan luas 791 hektare, Kecamatan Jekulo seluas 529 hektare, Mejobo seluas 374 hektare, Jati seluas 20 hektare, dan Kaliwungu seluas 4 hektare.

Baca Juga :   Video : Jelang Idul Adha, Dispertan Kudus Lakukan Pemeriksaan Lanjutan Kesehatan Ternak

Baca juga: Empat Hari Terendam Banjir, Warga Desa Jati Wetan Pilih Tak Mengungsi

Dewi menjelaskan bahwa tanaman padi yang terendam banjir lebih dari lima hari terancam membusuk alias puso. Sedangkan usia tanaman padi milik warga yang tergenang bervariasi mulai tujuh hari hingga 65 hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati