oleh

Empat Hari Terendam Banjir, Warga Desa Jati Wetan Pilih Tak Mengungsi

Kudus, Mitrapost.com Warga Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kudus memilih tetap bertahan meski rumah terendam banjir. Pemukiman warga setempat masih terpantau digenangi banjir dengan ketinggian antara 15-cm hingga 70 cm, Sabtu (12/12/2020).

Banjir yang terjadi sejak empat hari lalu pada masih belum surut. Bahkan menurut pengakuan warga ketinggian air cenderung naik karena intensitas hujan yang tinggi.

“Banjir ini sudah sekitar tiga empat hari ini. Ketinggiannya sekitar 50 cm lebih, airnya sudah masuk ke rumah,” kata Nikmah, Sabtu (12/12/2020).

Dengan kondisi ini, ditambah pandemi virus corona ia dan warga lain masih bertahan dan belum berkeinginan mengungsi.

“Sementara belum mengungsi, katanya tidak boleh kan ada Corona. Untuk barang rumah tangga diselamatkan sebisanya. Iya belum ada bantuan juga sampai saat ini,” tutur Nikmah.

Baca juga: Sungai Kaligawe Meluap, Pemukiman dan Sawah Warga di Klaten Kebanjiran

Kepala Desa Jati Wetan, Suyitno, mengatakan hingga kini belum ada warga yang mengungsi di Balai Desa Jati Wetan.

Meski demikian pemerintah desa setempat telah menyiapkan tempat pengungsian di balai desa. Selain itu kebutuhan logistik dan kesehatan juga sudah disiapkan oleh pemerintah desa.

“Kalau data (mengungsi) belum ada, terkait dengan kesehatan warga sudah sepenuhnya kita siap. Lewat puskesmas. Bupati (plt Bupati Kudus) sudah ke balai desa. Semua persiapan sudah clear termasuk logistik sudah siap. Kemarin logistik sudah siap semuanya,” kata Suyitno saat dihubungi, siang ini.

Sementara itu, Kepala BPBD Kudus, Budi Waluyo, mengatakan ada sebanyak 167 unit rumah warga yang terendam banjir. Dengan jumlah kepala keluarga (KK) sebanyak 201 dan 579 jiwa.

“Aktivitas kehidupan dan penghidupan warga terhambat, air masuk ke dalam permukiman warga. Adapun untuk kedalaman genangan air antara 15 sampai dengan 70 cm,” kata Budi melansir Detik. (fp)

Baca juga: 

 

Artikel ini telah tayang di Detik.com dengan judul ‘Ratusan Rumah di Kudus Terendam Banjir, Warga Memilih Bertahan‘.

Komentar

Berita Terkait