oleh

Sempat Dipangkas, Dana BOS Siswa Madrasah Dikembalikan

Pati, Mitrapost.com – Kementerian Agama (Kemenag) Pati mengembalikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk madrasah sebesar Rp100 ribu per siswa yang dulu pernah dipotong oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag sebagai langkah menghemat dana.

Awalnya dana tersebut dipotong dalam rangka menindaklanjuti Undang-undang Nomor 1 tahun 2020 tentang kebijakan keuangan negara dan stabilitas sistem keuangan untuk penanganan Covid-19.

Baca juga: PKB Minta Dana BOSDa Tak Lagi Direfocussing

“Kemarin ada relokasi penarikan dari pusat Rp100 ribu untuk penanganan Covid itu. Sekarang ini dikembalikan lagi,” kata Muhadi, kepala Seksi PDPontren (Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren) Kemenag Pati kepada Mitrapost.com beberapa waktu yang lalu.

Muhadi menambahkan hingga sekarang ada 642 Madrasah di seluruh jenjang telah mendapatkan pengembalian dari dana BOS Kemenag tersebut.

Baca juga: Dewan Pati Merekomendasikan Agar Tidak Ada Pemangkasan Dana BOSDA

Untuk nominalnya bila dikembalikan, di jenjang MI (setara SD) mendapat Rp900 ribu, MTs (setara SMP) mendapat Rp1 juta dan MA (setara SMA) mendapat Rp1,4 juta dalam satu tahun.

Pengembalian Rp100 ribu juga tidak perlu melalui pengajuan berkas. Sedangkan pengecekan bisa dilakukan melalui situs bos.kemenag.go.id.

Baca juga: Dewan Pati Berharap Ada Pengganti Dana BOSDa yang Kena Refocusing

“Yang sudah masuk data EMIS (Education Management Information System) langsung cair. Nanti masing-masing muncul nominalnya, dan dikirim lewat rekening Madrasah yang diberikan pusat,” imbuh Muhadi.

Terkait data EMIS, Muhadi mengimbau kepada pihak lembaga pendidikan madrasah agar ke depan bisa mengisi data usulan dana Bos di Emis lebih cermat. Pasalnya beberapa sekolah berkurang nominal dana Bosnya dari ajuan lantaran salah input data.

Muhadi mengatakan tahun depan kemungkinan besar dana BOS tidak akan dipotong lagi lantaran perekonomian Indonesia mulai membaik dan kasus Covid-19 diharapkan segera turun.(*)

Baca juga: 

Tonton video “Tekan Angka Covid-19, Pasar di Rembang Ditutup Setiap Jumat”

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait