oleh

Dewan Pati Merekomendasikan Agar Tidak Ada Pemangkasan Dana BOSDA

Pati, Mitrapost.com DPRD Kabupaten Pati merekomendasikan kepada Pemerintah Daerah untuk tetap menganggarkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) khususnya yang bersumber dari dana APBD.

Sutikno, perwakilan fraksi Nasdem,  dalam rapat penyampaian pandangan umum fraksi mengatakan pemda wajib melakukan pelayanan dasar dibidang pendidikan, karena hal tersebut merupakan salah satu tugas pokok dan kewajiban bersama dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hal tersebut sebagaimana telah diatur dalam Undang-Undang pasal 46 ayat (1) UU no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan peraturan bupati pati no 28 tahun 2017.

“Diantaranya memberikan perhatian dan pelayanan yang layak bagi generasi penerus (siswa dan siswi),” terangnya.

Baca juga: Dana BOS Madrasah Naik, Dewan : Penyokong Pendidikan Perlu Diperhatikan

Sementara itu, fraksi Golkar mengingatkan pemerintah daerah agar alokasi anggaran Bantuan Operasional Sekolah Daerah atau BOSDA dikembalikan sesuai dengan pagu rencana awal anggaran semula.

Hal tersebut berkaca pada refocusing APBD tahun anggaran 2020 dimana anggaran BOSDA terkena imbas pemotongan hingga 60% dari rencana awal anggaran

“Dimana untuk setingkat SD/MI sebesar 43.000 per anak, sedangkan setingkat SMP/MTS sebesar 86.000 per anak, “jelas Endah Sri Wahyuningati, anggota DPRD Pati dari fraksi Golkar.

Memberikan tanggapan para legislatif, Bupati Pati Haryanto mengatakan akan memenuhi rekomendasi yang diberikan sesuai keuangan daerah.

“Dengan alokasi dana bantuan operasional sekolah yang berasal dari APBD, pemerintahan Kabupaten Pati melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berusaha untuk memenuhi sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” tandasnya. (Adv/AR/UP/SHT)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed