Tren Zakat Meningkat, Tahun Depan Baznas Pati Sasar Perangkat Desa

Baca juga: Bekerjasama dengan Baznas, GNOTA Santuni Ratusan Siswa

“Tapi infaq tahun ini hanya Rp900 juta, trennya memang menurun, karena mereka mengutamakan zakat. Tapi saya kira tidak terlalu turun karena tahun kemarin tidak zakat,” katanya.

Sesuai ketentuan, tahun ini Baznas Pati telah menyalurkan 80 persen dana yang terkumpul ke dalam 5 pilar program Baznas di antaranya Pati Makmur, Pati Cerdas, Pati Peduli, Pati Sehat, dan Pati Taqwa. Sedangkan 20 persen lainnya akan disalurkan tahun depan.

Baca juga: Pjs Bupati Rembang Berharap Partisipasi Warga di Baznas Meningkat

Imam mengakui, pengumpulan zakat Baznas saat ini baru maksimal di kalangan ASN saja, namun tahun depan Baznas Pati berencana akan memperluas jaringan zakat hingga lini desa. Sementara strategi yang digunakan, pihaknya akan menjaring perangkat desa sehingga bisa dicontoh dan mensosialisasikan pentingnya zakat kepada masyarakat.

Baca Juga :   Satgas Mengingatkan Waspada Kenaikan Covid-19 Jelang Natal

“Memang kami akan bentuk di kecamatan UPZ unit pengumpul zakat. Kecamatan itu karena nampaknya perangkat desa ada tunjangan. Itu nanti kecamatan kita bentuk membawahi desa supaya bisa masuk ke masyarakat,” pungkasnya.(*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati