oleh

Jelang Libur Panjang, Ini Tips Aman Liburan di Tengah Pandemi

Mitrapost.com – Libur Panjang tahun baru segera tiba, berbagai rencana liburan pun telah terjadwal. Namun, di masa pandemi seperti sekarang ini jangan membuat kamu stres karena liburan yang telah kamu rencanakan bisa gagal.

Pandemi yang tak kunjung usai memaksa kita untuk harus beradaptasi dengan kondisi semacam ini. Artinya, meski pandemi belum berakhir hingga kini tak boleh menghambat aktivitas kita sehari-hari.

BPKAD Pati

Baca juga: Siasati Libur Panjang, Pembatasan Pengunjung hingga Penutupan di Pantai Kartini

Kamu bisa tetap melakukan liburan ataupun berwisata, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Dengan begitu, kamu bisa mengantisipasi penularan Covid-19.

Berikut ini, Mitrapost.com beri tips berlibur aman meski di tengah pandemi

  1. Menentukan destinasi wisata yang aman

Pemilihan destinasi wisata menjadi hal pertama yang dipikirkan sebelum Anda berwisata. Namun di situasi seperti ini, Anda patut mempertimbangkan keamanan dalam menentukan destinasi wisata.

Anda disarankan untuk mengunjungi destinasi di wilayah yang masuk dalam zona hijau agar risiko terpapar virus Covid-19 lebih minim. Selain itu, Anda lebih baik mengunjungi wisata alam karena biasanya ruang gerak lebih luas sehingga kontak dekat dengan orang lain dapat lebih dihindari.

Baca juga: Tips Rayakan Natal di Rumah, Tak Takut Bosan

  1. Mencari tahu aturan yang diterapkan di destinasi wisata

Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah mencari tahu aturan yang diterapkan oleh destinasi wisata. Selain penggunaan masker, mungkin ada pembatasan jumlah pengunjung, jam buka, proses pembelian tiket, wahana yang dibuka dan lain sebagainya. Jangan sampai Anda gagal berlibur karena tidak membaca informasi terkini mengenai tempat wisata yang dituju.

  1. Menyiapkan dokumen wajib

Berdasarkan Surat Edaran Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 7 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 41 Tahun 2020, terdapat beberapa dokumen yang wajib dibawa oleh setiap orang yang hendak melakukan perjalanan.

Baca juga: Kenali Manfaat Belimbing, Kaya akan Vitamin C

  1. Selalu membawa hygiene kit

Perlengkapan wajib saat Anda berkegiatan di luar jangan sampai tertinggal. Mulai dari masker, hand sanitizer, disinfektan, tisu basah, tisu kering dan sabun cair. Bawa juga masker cadangan untuk berjaga-jaga. Agar lebih aman, sebaiknya Anda juga membawa peralatan makan sendiri.

Berita Terkait