oleh

Lelah di Perjalanan Mudik, Baca Doa Ini saat Istirahat

Mitrapost.com Libur akhir tahun di depan mata, moda transportasi pun semakin ramai. Namun para pemudik juga diimbau untuk tetap menjaga keselamatan selama perjalanan. Salah satunya dengan beristirahat ketika sudah merasa lelah, untuk menghindari hal tak diinginkan.

Banyak sekali tempat-tempat yang disediakan untuk singgah sebentar melepas penat dan lelah dalam perjalanan.

Baca juga: Agar Selamat Saat Berkendara, Bacalah Doa Ini

Nah berikut ini doa yang dianjurkan dibaca saat singgah beristirahat di tengah perjalanan:

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A‘ûdzu bi kalimâtillâhit tâmmâti min syarri mâ khalaq.

Artinya, “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya.”

Seperti disebut dalam laman NU Online doa tersebut dikutip oleh Imam An-Nawawi dari Shahih Muslim, Al-Muwaththa’, Kitab At-Tirmidzi, dan kitab lain dalam Al-Adzkar berikut ini:

روينا في “صحيح مسلم” و “موطأ مالك” و “كتاب الترمذي” وغيرهم عن خولة بنت حكيم رضي الله عنها قالت: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: “من نزل منزلا ثم قال: أعوذ بكلمات الله التامات من شر ما خلق، لم يضره شئ حتى يرتحل من منزله ذلك”

Artinya, “Diriwayatkan kepada kami di Shahih Muslim, Al-Muwaththa karya Imam Malik, Kitab At-Tirmidzi, dan selain itu dari Khaulah binti Hakim RA, ia berkata, ‘Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Siapa yang singgah/mampir di suatu tempat, lalu ia mengucap ‘A‘ûdzu bi kalimâtillâhit tâmmâti min syarri mâ khalaq,’ niscaya ia tidak dicelakai oleh sesuatu apapun hingga ia beranjak meninggalkan tempat tersebut,’’” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 193). (*)

Baca juga: Mudik Libur Nataru, Jangan Lupa Berbekal Doa Ini

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

 

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait