Harapkan Penurunan DTKS, Dinsos PPKB Rembang Manfaatkan SIKS-NG Droid

Rembang, Mitrapost.com – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) harapkan terjadi penurunan terkait Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kabupaten Rembang. Hal ini disampaikan oleh Nasaton Rofiq, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial Dinsosppkb Kabupaten Rembang, Senin (28/12/2020).

Nasaton mengungkapkan bahwa, jika masyarakat sesuai aturan, mau jujur, tidak tamak diharapkan DTKS nantinya bisa turun. Oleh karenanya, kesadaran masyarakat dinilai penting. Ia menilai, banyak masyarakat yang kurang bersyukur dan masih mengharapkan setiap bantuan yang turun dari pemerintah.

Baca juga: Dongkrak Angka Kemiskinan, BPS Rembang: Masyarakat Berperan Penting

Hal Ini diperkuat dengan beberapa data selama ini. Menurutnya masih terdapat data yang tidak sesuai dengan realitas sesungguhnya.

Baca Juga :   Lonjakan Covid-19 di Rembang, Sumber Jadi Penyumbang Kasus

“Banyak yang mengatakan data yang diinput sudah sesuai, tapi dalam kenyataannya itu terutama di aset kekayaan, aset harta benda, dan aset sosial ekonomi itu kadang lain,” ungkapnya.

Baca juga: Video : Kodim Rembang sambut Kepulangan 4 Prajurit dari Papua

Meskipun begitu, Nasaton tidak dapat menampik bahwa dampak pandemi covid-19 sangat berpengaruh terhadap kenaikan angka kemiskinan di Kabupaten Rembang. Dari masyarakat rentan miskin akhirnya masuk menjadi dalam kategori miskin. Dan ini berpengaruh dalam penambahan angka DTKS di kabupaten Rembang.

“Dampak Covid-19 luar biasa dari rentan miskin terus jadi miskin. Kemarin terjadi penambahan dari data awal yang rilis bulan Juli,” imbuhnya.

Baca juga: Tahun Ini, Angka Kemiskinan Rembang Meningkat

Baca Juga :   Pemkab Rembang Usulkan 961 Formasi Pegawai Baru

Menurut Nasaton, pemutakhiran DTKS pada tahun 2021 nanti akan berbeda dengan sebelumnya. Karena pelaksanaannya akan lebih ketat dan melibatkan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). Nantinya, PSM ini akan diseleksi dan ditunjuk langsung oleh Kemensos.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati