Vaksin Covid-19 Sinovac Akan Diajukan ke BPOM Januari Mendatang

Mitrapost.comUji klinis vaksin Covid-19 buatan Sinovac sudah final. Hasilnya segera dilaporkan ke Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI pada awal Januari 2021 mendatang.

Koordinator Lapangan Uji Klinis dari Universitas Padjajaran (Unpad) Eddy Fadlyana  mengatakan pelaporan tersebut dilakukan dengan data pengamatan 540 relawan (sampel) subset selama tiga bulan.

Hal tersebut sebagai pertimbangan pemberian izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM untuk kandidat vaksin Covid-19 buatan Sinovac itu.

“Iya untuk 540 relawan itu pengamatannya sudah selesai akhir Desember ini,” ujar Eddy Fadlyana melansir detikcom, Selasa (29/12/2020).

Baca juga:Muncul Isu Efek Bahaya Vaksin Covid-19, Dinkes Pati: Tahap Uji Coba

Baca Juga :   Ganjar Siap Jadi Nomor Satu Vaksinasi Covid-19 di Jateng

Eddy mengatakan, laporan dari tim uji klinis di Bandung akan digabungkan dengan hasil uji klinis di Brasil dan Turki.

“BPOM di sini yang memiliki otoritas untuk mengeluarkan EUA, nanti datanya digabungkan dengan uji klinis di Brasil dan Turki, kedua negara itu sudah selesai duluan,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati