oleh

Selain Lini Kesehatan, Pelaku Ekonomi dan Keamanan Diprioritaskan Dapat Vaksin Covid-19

Jakarta, Mitrapost.comPemerintah Indonesia sebut vaksinasi tahap pertama akan memprioritaskan para garda terdepan dari sektor kesehatan, keamanan dan ekonomi. Hal ini menyusul vaksinasi gratis yang direncanakan akan dimulai pada awal tahun 2021.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut beberapa kalangan yang menjadi prioritas pemberian vaksin mulai dari Satpol PP, TNI, Polri hingga para pedagang pasar dan pelaku usaha UMKM.

“Pemerintah sudah memutuskan bahwa tahap awal tenaga kerja kesehatan dan para pekerja di garda terdepan, Satpol PP, TNI/Polri, pedagang pasar, UMKM akan diberikan prioritas,” kata Airlangga dalam acara Outlook Perekonomian: Meraih Peluang Pemulihan Ekonomi di 2021, Selasa (22/12/2020).

Airlangga mengatakan pemberian vaksin corona dilakukan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca juga: Persiapan Program Vaksinasi di Rembang dalam Tahap Pendataan

Saat ini pemerintah sudah berhasil mengadakan 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 pada awal Desember 2020 dan akan hadir lagi 1,8 juta dosis pada awal tahun 2021. Dengan begitu, proses vaksinasi sudah bisa dilakukan pada akhir Januari tahun depan.

Ia berharap adanya vaksin corona ini mampu membangkitkan perekonomian nasional bergerak kembali ke zona positif.

“Tentu diharapkan bahwa rasa aman bisa dibangkitkan sehingga perekonomian dan masyarakat berani bergerak untuk meningkatkan daya beli,” ungkapnya.

Baca juga: Indonesia dan 16 Negara Ini Gratiskan Vaksin Covid-19

Sementara itu di wilayah Provinsi Jawa Tengah mendapatkan jatah vaksin sebanyak 421.000 yang diprioritaskan kepada tenaga kesehatan.

“Tahap pertama kita dapat 421.000 dosis yang akan kami prioritaskan untuk tenaga kesehatan. Memang baru sedikit, karena tingkat kebutuhan di Jateng kira-kira 21.252.747 dosis. Kami sudah menghitung termasuk urut-urutan siapa sasaran penerima vaksinnya,” ujar Ganjar Pranowo usai memimpin rapat penanggulangan Covid-19 di Gedung A Lantai 2 kompleks Pemprov Jateng, Senin (14/12/2020). (fp)

Baca juga: Tahap Awal Penyuntikan Vaksin Covid-19, Jateng Dapat Jatah 421.000 Dosis

 

Sebagian artikel ini telah tayang di Detik.com dengan judul ‘Satpol PP-Pedagang Pasar Jadi Prioritas yang Disuntik Vaksin Corona

Komentar

Berita Terkait