oleh

Guru Agama Belum Diusulkan dalam Formasi PPPK

Mitrapost.com Tahun ini pemerintah membuka 1 juta lowongan guru dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Akan tetapi dari penerimaan yang dibuka belum ada kuota untuk guru agama.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menjelaskan, untuk guru agama, belum ada usulan dari Kementerian Agama kepada Kementerian PANRB atau BKN.

“Jadi yang saya garis bawahi, satu juta guru ini masih merupakan tanggung jawab dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, belum mencakup guru dari Kementerian Agama,” jelas Bima dalam konfrensi pers virtual, Selasa (5/1/2021).

Namun, BKN membuka peluang untuk merekrut guru agama masuk dalam formasi perekrutan 1 juta guru tersebut.

“Tidak tertutup kemungkinan bahwa guru-guru agama bisa mendapatkan formasi PPPK pada tahun ini,” ujarnya.

Baca juga: Pati Kekurangan 2.459 Guru SD, Pemerintah Buka Kuota untuk Formasi PPPK

Sementara itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, dari formasi 1 juta guru hanya yang lolos seleksi persyaratan dan tes yang akan menyandang status PPPK.

“Rekrutmen guru PPPK adalah rekrutmen terbesar yang akan kita lakukan pada tahun ini. Kita sudah mencapai kapasitas satu juta, tetapi yang akan diangkat menjadi PPPK untuk semua guru honorer itu adalah yang lulus tes,” ucap dia.

Bagi guru honorer pun, lanjut Nadiem, diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi melalui jalur PPPK.

“Walaupun kapasitasnya satu juta, kalau yang lulus tes satu juta maka satu juta yang akan diangkat. Kalau yang lulus 100.000 maka 100.000 yang akan diangkat. Semua guru honorer diberikan kesempatan mengikuti tes tersebut,” ujarnya. (fp)

Baca juga: Mendikbud Beri Hadiah Guru Honorer Lewat Rekrutmen PPPK di Hari Guru Nasional

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “BKN Belum Pastikan Guru Agama Termasuk Dalam Formasi 1 Juta Guru Seleksi PPPK.

Komentar

Berita Terkait