oleh

Mendikbud Beri Hadiah Guru Honorer Lewat Rekrutmen PPPK di Hari Guru Nasional

Mitrapost.com Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memberi apresiasi guru honorer dengan membuka rekrutmen untuk menjadi Aparatur Sipil Negara ( ASN) lewat skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak ( PPPK). Hal tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan para guru yang sudah mengabdi di bidang pendidikan.

“Kami di Kemendikbud dari awal berkomitmen untuk memperjuangkan hak guru lewat rekrutmen menjadi ASN PPPK, agar bisa mengembangkan pendidikan, profesionalisme, tentunya untuk kesejahteraan guru,” ungkap Mendikbud Nadiem Makarim dalam sambutan upacara hari Guru Nasional, Rabu (25/11/2020)

Terlebih di masa pandemi virus corona ini, ketekunan dan kegigihan guru untuk memberikan pembelajaran terkendala banyak hal.

Dia mencontohkan, ada guru yang sudah menggunakan pembelajaran daring saat pandemi Covid-19. Ada juga guru yang membuat anak-anak menjadi kelompok kecil, dan didatangi secara bergiliran. Lalu, ada juga guru yang sudah memperbolehkan muridnya untuk masuk ke sekolah, dengan menggunakan jadwal bergilir dan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Baca juga: Siapkan dari Sekarang, Kemenpan-RB Buka Pendaftaran CPNS Formasi 2021

Menurut menteri muda ini, apresiasi rekrutmen guru honorer menjadi ASN PPPK hanyalah hal kecil namun sangat berharga.

“Kami ingin memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua guru dan tenaga kependidikan. dengan semangat juang yang tinggi dan kesabaran bapak atau ibu guru semua, pembelajaran tetap berjalan, meski dengan segala keterbatasan,” ungkapnya.

Sebelumnya Nadiem telah mengumumkan rencana seleksi guru PPPK tahun 2021. Nadiem menyatakan, guru honorer bisa menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) lewat skema PPPK.

Kemendikbud akan memberikan kesempatan bagi 1 juta guru honorer menjadi ASN lewat skema PPPK dan proses seleksi akan dilakukan mulai tahun 2021.

Rekrutmen terbuka untuk semua guru honorer di sekolah negeri dan swasta yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan serta Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG yang) saat ini tidak mengajar. (fp)

Baca juga: 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Hari Guru Nadional 2020, Mendikbud: Rekrutmen Guru Honorer Jadi Bentuk Apresiasi

Komentar

Berita Terkait