Gempa dengan M 6,2 di Majene, Masih Dimungkinkan Ada Susulan

Mitrapost.com Sejak Kamis (14/1/2021) puluhan gempa susulan terjadi di Majene, Sulawesi Barat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat ada total 28 kali gempa susulan dan dimungkinkan masih ada susulan dengan kekuatan lebih besar.

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam jumpa pers virtual, Jumat (15/1/2021).

“Hingga pukul 6 pagi, kita sudah mencatat sebanyak 28 kali susulan,” kata Daryono.

Pihaknya merinci dari 28 gempa susulan tercatat gempa dengan kekuatan besar terjadi pada Kamis (14/1/2021) pukul 13.35 WIB dengan Magnitudo (M) 5,9. Selain itu pada Jumat (15/1/2021) dini hari pukul 01.28 WIB gempa dengan kekuatan Magnitudo 6,2.

Baca Juga :   Minimalisasi Tambal Sulam, Dewan Usul Pembetonan Jalan di Kayen

“Dan itu kita petakan sama kami dan yang paling besar berkekuatan M 5,9 dan M 6,2,” ujarnya.

Baca juga:Tak Punya Dana, Posko Siaga Bencana Pati Terbengkalai

Daryono menjelaskan, gempa M 5,9 yang terjadi kemarin merupakan gempa pembuka. Sedangkan gempa M 6,2 yang terjadi dini hari tadi merupakan gempa utama.

“Kemarin itu kita anggap sebagai gempa pembuka. Sementara yang tadi malam itu sudah maksimal, sudah gempa utama. Harapan kita tidak terjadi lagi. Sehingga untuk saat ini gempa yang terjadi pagi dini hari tadi itu adalah gempa utama,” tuturnya.

Menurut BMKG, gempa yang mengguncang Majene ini memiliki kesamaan dengan gempa masa lalu. Diduga kuat, pemicu gempa adalah sesar naik Mamuju atau Mamuju Thrust.

Baca Juga :   Minimalisasi Tambal Sulam, Dewan Usul Pembetonan Jalan di Kayen

“Gempa memiliki mekanisme pergerakan naik. Mekanisme sesar naik ini mirip dengan pembangkit gempa Lombok tahun 2018,” kata Daryono.

Baca juga:Pantauan Merapi, Gempa Fase Terjadi Sebanyak 25 Kali Hari Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati