Merapi di Fase Erupsi Efusif, Pengungsi di Sleman Akan Dipulangkan

Sleman, Mitrapost.com Warga Padukuhan Kalitengah Lor akan dipulangkan pada 26 Januari mendatang lantaran aktivitas Gunung Merapi semakin meningkat.

Keputusan tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) per 18 Januari 2021.

“Warga asal Padukuhan Kalitengah Lor yang saat ini berada di pengungsian Glagaharjo, dapat dipulangkan ke daerah asal beserta ternak yang berada di barak ternak darurat Glagaharjo setelah selesainya masa Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) tanggal 26 Januari 2021 dengan tetap meningkatkan kewaspadaan. Bila terjadi kondisi krisis Merapi setiap saat, dapat diungsikan kembali,” kata Harda Sekda Pemerintah Kabupaten Sleman Harda Kiswaya, Sabtu (23/1/2021).

Baca Juga :   Kabinda Papua Tertembak Hingga Meninggal, Jubir TNPB-OPM: Tertembak Peluru Nyasar

Baca juga: Status Tanggap Darurat Gunung Merapi Diperpanjang Hingga Februari

Meskipun warga dipulangkan, Harda meminta warga tetap waspada. Sebab berdasarkan rekomendasi BPPTKG aktivitas Gunung Merapi masih tinggi berupa erupsi efusif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati