oleh

Sejak Zaman Penjajahan Belanda, Kopi Luwak Masih Terkenal Mahal Hingga Kini

Mitrapost.com Kopi luwak terkenal sebagai kopi dengan harga fantastis serta perolehan biji yang eksotis. Bagaimana tidak, kopi luwak ini berasal dari biji kopi yang diperoleh dari sisa feses luwak liar yang kemudian dibersihkan. Kopi luwak terkenal memiliki cita rasa berbeda karena prosesnya yang berbeda pula.

Budi daya kopi luwak bermula pada awal abad ke-18 di era tanam paksa atau cultuurstelsel (1830-1870. Pada masa itu Belanda melarang pekerja perkebunan pribumi memetik buah kopi untuk konsumsi pribadi.

Namun, tak kurang akal para pribumi yang mengetahui ada sejenis musang yang suka memakan buah kopi namun hanya daging buahnya yang dicerna. Sementara biji kopi dan kulit ari masih bisa ditemukan melalui kotoran luwak. Para pribumi memunguti biji kopi itu kemudian dicuci dan diolah sebagaimana pembuatan kopi pada umumnya.

Baca Juga :   News Grafis : KEMBANGKAN BUDIDAYA KOPI ORGANIK

Baca juga: Kopi Pati Masuk Kancah Nasional

Belanda yang mengetahui hal tersebut pun tertarik. Hingga akhirnya kopi luwak menjadi minuman kegemaran orang kaya Belanda. Hingga saat ini pun kopi luwak menjadi kopi dengan daya jual mahal.

Luwak terkenal pintar mencari buah-buahan yang cukup baik dan matang sebagai makanannya dikarenakan penciumannya yang sangat peka.

Sementara sistem pencernaan luwak yang sederhana membuat biji kopi yang dimakan tidak tercerna dan mengalami fermentasi secara alami dalam saluran pencernaan luwak. Proses tersebut membuat rasa dan aroma kopi luwak terasa spesial.

Baca juga: Jenis Kopi Yang Harus Kamu Pahami

Kopi luwak sangat terkenal, khususnya di kawasan Asia Tenggara. Namun, kopi luwak baru benar-benar terkenal secara luas di kalangan peminat kopi gourmet setelah adanya publikasi pada tahun 1980-an.

Baca Juga :   Meski Pandemi, Jateng Terus Genjot Ekpor Produk Herbal

Biji kopi luwak terkenal dengan harga termahal. Harga kopi luwak Indonesia mencapai Rp 1 juta per kg. Sementara secangkir kopi luwak adalah Rp 70 ribu, sementara di luar negeri secangkir kopi luwak mulai dari 35 USD. Sementara dalam bentuk biji atau bubuh, harga kopi luwak sekitar 100-600 USD per 450 gram. (*)

Baca juga: Cara Aman Nikmati Kopi Cegah Asam Lambung Naik

 

Sumber: sasamecoffee

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Berita Terkait