oleh

Stabil di Masa Pandemi, DPRD Imbau Pemerintah Genjot Sektor Pertanian dan Perikanan

Pati, Mitrapost.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengimbau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) agar menggenjot sektor pertanian dan perikanan di tengah pandemi. Salah satu upaya yang diusulkan adalah meningkatkan mutu produksi sektor pertanian serta perikanan.

Hal ini bertujuan agar pemerintah dapat menggenjot terpenuhinya pasokan kebutuhan primer masyarakat di tengah pandemi Covid-19, yakni sumber daya pangan.

“Demi menghasilkan kebutuhan pangan yang stabil, kami mengimbau pemerintah agar memperbaiki sarana prasarana pendukung. Contohnya dengan adanya akses produksi maupun akses distribusi pertanian yang baik. Selain itu, fasilitas yang memudahkan nelayan untuk melaut,” ungkap Narso.

Baca juga: Dewan Imbau Masyarakat Tak Kemakan Isu Hoaks Vaksin

Dalam pernyataannya, Narso menambahkan bahwa kemudahan akses pengelolaan sumber daya pertanian dan perikanan akan menguntungkan masyarakat di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Perlu diketahui, di masa Pandemi Covid-19 perekonomian Kabupaten Pati mengalami kelumpuhan. Namun, banyaknya sumber daya alam pertanian dan perikanan menjadikan Kabupaten Pati tidak mengalami lumpuh parah seperti kota-kota lain.

“Kita bisa sedikit lega karena ketahanan pangan kita masih kuat,” ungkap Narso yang merupakan Anggota Komisi B yang membawahi isu pertanian dan perikanan.

Baca juga: Video : Tekan Angka Pengangguran, Dewan Dorong Ekonomi Kreatif

“Pasalnya, di masa-masa pandemi Covid-19, hampir segala sektor perekonomian lumpuh lantaran pembatasan operasional dan mobilitas industri yang diberlakukan. Tapi tidak untuk pertanian dan perikanan,” tambahnya.

Berita Terkait