oleh

Pemprov Rencanakan Gerakan ‘Jateng di Rumah Saja’

Semarang, Mitrapost.com Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sedang menyiapkan gerakan ‘Jateng di Rumah Saja’ untuk menekan angka penyebaran penyakit yang disebabkan olleh virus corona.

Usul tersebut disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memimpin rapat evaluasi penanggulangan Covid-19 di kantornya, Senin (1/2/2021) kemarin.

“Saya ingin mengusulkan, bisa tidak masyarakat menahan diri di rumah secara serentak. Namanya program ‘Jateng di Rumah Saja’. Kebijakan ini sedang kita siapkan, syukur-syukur liburan ini kita di rumah saja semuanya,” kata Ganjar.

Baca juga: Upaya Tekan Covid-19, Gus Yasin: Kita Bisa Lelah tapi Tak Boleh Menyerah

Gerakan itu bukan untuk menakut-nakuti masyarakat, melainkan untuk membangun kesadaran bahwa Covid-19 berbahaya.

“Apakah kita tidak bisa membangun kesadaran itu. Kalau dua hari saja kita menjaga diri dan menahan diri untuk tidak keluar rumah, maka nanti bisa dilihat apakah ini bisa efektif,” sambung Ganjar.

Gerakan itu, dinilai mampu mengurangi mobilitas masyarakat di luar rumah. Ganjar juga telah menyampaikan usulan tersebut kepada seluruh bupati/wali kota di Jawa Tengah.

“Dengan cara itu, maka potensi terjadinya kerumunan pasti tidak terjadi. Juga aktivitas yang menimbulkan keramaian juga pasti tidak ada. Maka kita bisa menyetop penyebaran COVID-19,” ujar Ganjar.

Baca juga: RSU Fastabiq Pati Bakal Fasilitasi Vaksinasi Covid-19 Bagi Masyarakat Umum

Untuk menjalankan gerakan ‘Jateng di Rumah Saja’, akan dilakukan persiapan dan kajian mendalam. Pihaknya akan mengukur, apakah penerapan kebijakan itu bisa efektif.

“Untuk kapan pelaksanannya, nanti akan kami rapatkan. Maka tadi saya minta Pak Sekda (Sekretaris Daerah) berbicara dengan seluruh kabupaten/kota untuk disiapkan dan disosialisasikan pada masyarakat,” pungkasnya. (*)

Baca juga: Anti Ribet, Tiga Gaya Pejabat Publik Ini Bisa Ditiru Saat Vaksinasi

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa

 

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait