oleh

Tetap Seru Rayakan Imlek Bareng Keluarga dengan Kegiatan Ini

Mitrapost.com Perayaan Imlek di tahun 2021 akan sepi dari hingar bingar kemeriahan mengingat masa pandemi Covid-19 yang masih belum bisa dijinakkan. Bahkan pengurus klenteng pun sudah ada yang mengatakan tidak akan melakukan perayaan Imlek kecuali dengan sembahyang.

Meskipun tak bisa menikmati kemeriahan Imlek, momen ini justru bisa dimanfaatkan untuk lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga inti.

Nah, berikut ini aktivitas yang bisa menjadi inspirasi untuk merayakan Imlek bersama keluarga:

Sembahyang di rumah saja

Jika biasanya sembahyang saat Imlek dilakukan di tempat ibadah ke klenteng dan sebagainya, di kondisi pandemi saat ini alangkah baiknya melaksanakan doa kepada leluhur di rumah saja.

Sembahyang di rumah justru bisa jadi lebih khusyuk karena dilakukan bersama-sama dengan keluarga. Selain itu kebersamaan akan terasa jauh lebih hangat.

Baca juga: Filosofi Warna Merah pada Angpao dalam Perayaan Imlek

Memasak hidangan spesial

Tak perlu megah, perayaan Imlek bisa menjadi hal yang mengasyikkan meski tanpa kembang api dan lampion. Salah satunya menghabiskan waktu bersama keluarga dengan memasak hidangan spesial.

Selain menyediakan makanan khas Imlek berupa kue keranjang dan jeruk, masa pandemi ini bisa dimanfaatkan dengan memasak makanan favorit setiap anggota keluarga. Kamu juga bisa membuat kue kering dan jajanan tradisional lainnya bertema imlek.

Baca juga: Jelang Imlek, Pelajar di Pati Bersih-bersih Klenteng

Dekorasi rumah

Kamu tetap bisa merasakan hangatnya suasana Imlek dengan cara mendekorasi rumah menggunakan ornamen-ornamen Imlek seperti lampion merah, menaruh tanaman di dalam ruangan, membuat hiasan dinding dan dekorasi lainnya.

Mengirim kado

Jika tradisi saat Imlek adalah mengunjungi sanak saudara yang jauh, tahun ini keinginan tersebut mesti diurungkan. Tapi kamu tetap bisa merayakan Imlek bersama dengan mengirimkan kado.

Ide kado yang bisa kamu coba bisa berupa teh, wine atau jenis minuman lainnya sesuai dengan preferensi keluarga yang akan diberi kado. Membagikan kue kering yang sudah dibuat. Kamu juga bisa memberikan hadiah berupa baju atau mainan. (*)

Baca juga: Ganjar Usul Tak Ada Libur Panjang Perayaan Imlek

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait