Filosofi Warna Merah pada Angpao dalam Perayaan Imlek

Mitrapost.com Salah satu yang paling identik dengan perayaan Imlek adalah angpao. Tradisi memberikan angpao ini juga sudah membudaya di kalangan masyarakat keturunan Tionghoa di berbagai belahan dunia.

Angpao sendiri merupakan bingkisan berupa amplop berwarna merah yang biasanya berupa uang sebagai hadiah menyambut hari raya Imlek.

Namun dalam tradisi Imlek, Ketua Program Studi China Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Hermina Sutami, mengatakan bahwa cerita tentang angpao secara umum adalah bungkusan merah yang digunakan untuk mengusir setan.

Baca juga: Memahami Makna Tradisi Perayaan Natal

Dalam laman China Highlights, merah merupakan warna penting bagi budaya Tiongkok karena mereka akan diberkahi dengan makna keberuntungan.  Merah mewakili api dan merupakan warna paling populer di Tiongkok. Warna ini juga merupakan warna nasional yang mewakili kebahagiaan, keindahan, vitalitas, keberuntungan, dan kesuksesan.

Baca Juga :   Ganjar Usul Tak Ada Libur Panjang Perayaan Imlek

Warna merah yang identik pada amplop angpao sendiri memiliki arti filosofi transfer kesejahteraan atau energi. Yaitu memberikan kesejahteraan dari orang mampu ke orang yang tidak mampu. Seperti orang tua ke anak atau anak yang sudah berkeluarga kepada orangtua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati