oleh

Jateng Masuk 20 Besar Skala Nasional Pelaksanaan Vaksinasi Terbanyak

Blora, Mitrapost.com Provinsi Jawa Tengah masuk 20 besar daerah yang sudah melaksanakan vaksinasi Covid-19 se-Indonesia dengan cakupan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Yulianto Prabowo, menjelaskan bahwa Kota Pekalongan meraih peringkat pertama dengan capaian sebesar, 91,82%. Dari 3.102 peserta vaksin, yang sudah divaksin sebanyak 2.647 peserta.

Sedangkan Kabupaten Blora menempati peringkat 32 secara nasional dengan capaian sebesar 73,42%. Dari 3.249 peserta vaksin, yang sudah divaksin sebanyak 2.170 peserta.

Percepatan vaksinasi saat ini tengah digencarkan agar segera terbentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

Baca juga: Targetkan Vaksinasi Nakes Kelar Februari, Ganjar Minta Ada Percepatan

Hal tersebut didukung dengan peningkatan sarana prasarana dalam menangangi pandemi Covid-19. Penambahan jumlah tempat tidur baik ICU maupun ruang isolasi, sebagai bentuk pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Sekda Pemkab Blora, Komang Gede Irawadi, menyampaikan agar segera memenuhi sarana prasarana untuk penanganan Covid-19 di Blora.

“Meminta kepada pihak RSUD di Blora untuk segera mencukupi kekurangan ruang ICU dan Ruang Isolasi,” jelas Sekda usai rapat virtual Bersama Gubernur Jawa Tengah tentang Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 di Jawa Tengah, Senin (1/2/2021).

Baca juga: Vaksinasi ke Masyarakat Umum Diperkirakan April Mendatang

Pihaknya meminta kepada TNI, Polri dan Satpol PP untuk persiapan operasi gabungan penanganan Covid 19 di Kabupaten Blora.

Selain itu Sekda juga mengajak Forkopimda untuk mendukung gerakan Jateng di Rumah Saja yang digagas oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

“Mengajak Forkopimda untuk menyukseskan rencana Gubernur mengenai Jateng di Rumah Saja,” pungkas Sekda.

Seperti diketahui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan sedang menyiapkan surat edaran untuk daerah-daerah untuk melaksanakan gerakan Jateng di Rumah Saja. Rencananya, program ini akan dilaksanakan akhir pekan ini.

“Hasil rapat dengan para Sekda dan alhamdulillah sebagian besar setuju. Kira-kira kita siap di tanggal 6-7 (Februari) untuk melakukan gerakan di rumah saja secara bersama-sama,” ucap Ganjar di rumah dinasnya, usai mengikuti rapat monitoring vaksinasi Covid-19 dengan Menteri Kesehatan RI, Selasa (2/2/2021).

Baca juga: Menkes Ingatkan 3 Syarat Ini Jika Ingin Vaksinasi Mandiri

Dalam edaran, lanjut Ganjar, juga disiapkan imbauan pada tempat-tempat keramaian untuk tutup pada 6-7 Februari mendatang. Ganjar menyebut, kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk bersih-bersih sekaligus penyemprotan disinfektan.

“Hanya dua hari tempat-tempat keramaian pariwisata toko pasar kita istirahat dulu. Nah nanti pasar-pasar kesempatan kita semprot semuanya biar sekalian bersih, tempat pariwisata juga ditutup dulu,” jelasnya. (*)

Baca juga: Anti Ribet, Tiga Gaya Pejabat Publik Ini Bisa Ditiru Saat Vaksinasi

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait