oleh

Cara Alami Atasi Karang Gigi Membandel

Mitrapost.com – Kebersihan gigi dan mulut penting untuk kesehatan, dan tentunya dapat mendukung penampilan seseorang. Namun masalah dating jika karang gigi muncul dan membuat tampilan gigi tak lagi sempurna. Jangan khawatir, masalah ini dapat diselesaikan dengan cara alami.

Karang gigi menjadi salah satu sumber berbagai gangguan di rongga mulut, mulai dari bau mulut yang tidak sedap hingga gusi bengkak. Sehingga, perawatan yang harus dilakukan dengan hati-hati.

BPKAD Pati

Cara menghilangkan karang gigi secara alami

  1. Gunakan benang gigi untuk bersihkan plak penyebab karang gigi

Flossing menggunakan dental floss atau benang gigi sebelum menyikat gigi akan melepaskan sisa makanan di bagian yang sulit terjangkau sikat gigi. Caranya, selipkan benang secara hati-hati di antara gigi dan gerak-gerakkan membentuk huruf “c”. Lakukan di setiap sisi gigi, termasuk di sisi dalam. Berhati-hatilah agar benang tidak putus. Ulangi proses ini di semua gigi. Lakukan flossing setidaknya satu kali setiap hari untuk mencegah pembentukan plak. Membersihkan gigi menggunakan dental floss, akan membuat proses pembersihan plak lebih efektif daripada sekadar menyikat gigi saja.

Baca juga: Jelang Libur Panjang, Ini Tips Aman Liburan di Tengah Pandemi

  1. Sikat gigi minimal dua kali sehari

Menggosok gigi minimal dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur selama dua menit. Melakukan sikatan-sikatan memutar pada permukaan depan, belakang dan sisi mengunyah. Kamu bisa menggunakan sikat gigi manual untuk mendapatkan hasil yang baik. Namun berdasarkan penelitian, penggunaan sikat gigi elektrik dengan kepala berputar lebih efektif menghilangan plak. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang halus agar tidak melukai gusi. Untuk hasil terbaik, kamu juga bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

  1. Menyikat gigi menggunakan baking soda

Baking soda dipercaya bisa membantu menghilangkan plak pada gigi dengan efektif. Baking soda juga tergolong aman karena tidak merusak lapisan terluar gigi yang disebut email. Baking soda bisa melindungi gigi dari proses demineralisasi. Proses saat mineral yang ada di permukaan gigi, hilang akibat kondisi rongga mulut yang asam. Penurunan pH di dalam rongga mulut, bisa disebabkan oleh menumpuknya karbohidrat dari makanan yang dikonsumsi, di sela-sela gigi atau permukaan kunyah gigi. Baking soda juga memiliki kandungian antimikrobial yang bisa mengurangi bakteri Streptococcus mutans, penyebab gigi membusuk.

Baca juga: Tips dari Dokter Agar Terhindar dari Bau Mulut Meski Bermasker

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait