oleh

Langganan Banjir Desa Banjarsari, 70 Persen Rumah Warga Terendam

Pati, Mitrapost.com – Banjir yang terjadi di Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus mengakibatkan terganggunya lalu lintas kendaraan di ruas jalan Pati – Gabus. Pasalnya, wilayah Desa Banjarsari terendam banjir karena curah hujan yang tinggi. Selain itu, banjir disebabkan karena meluapnya sungai Silugonggo yang melintasi desa tersebut.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, kedalaman air di desa Banjarsari bagian jalan raya Pati – Gabus mencapai 70 sentimeter. Sedangkan kedalaman air di desa Banjarsari bagian dalam mencapai 150 sentimeter.

Menurut Sugiman Kepala Desa Banjarsari, seluruh desa terdampak banjir bahkan 70 persen rumah warga di Desa Banjarsari terkena tergenang air akibat hujan yang terjadi sejak pekan lalu.

Baca juga: Bantu Korban Banjir, DPC Gerindra Pati Berikan Bantuan di Sejumlah Wilayah

“Saya bersama RT, RW, Perangkat desa, dan relawan sudah berpatroli memantau kondisi banjir yang terjadi di desa kami. Kami menemukan sejumlah 562 rumah yang terendam banjir. Bisa dikatakan 70% rumah warga di sini terendam banjir,” ujar Sugiman kepada Mitrapost.com, Senin (8/2/2021).

Di situasi banjir yang tengah melanda desa tersebut, tidak ada warga yang mengungsi. Menurut Sugiman, warga desa Banjarsari hingga kini tidak ada yang mengungsi. Mereka membuat para-para dari kayu di rumah mereka.

Menurutnya, alasan warga membuat para-para supaya menghindari banjir yang datang menggenangi rumah mereka. Selain itu, mereka tidak mau meninggalkan hewan ternak yang mereka miliki ketika mengungsi.

Baca juga: Enam Kecamatan di Pati Tergenang Banjir

Berita Terkait