oleh

Sudah Makan Malam tapi Kelaparan Saat Bangun Tidur, Kenapa?

Pandawa BPJS JKN PATI

Mitrapost.com Makan di waktu yang tepat sangat disarankan oleh berbagai ahli kesehatan, tapi tidak semua orang memiliki jadwal ketat terhadap pola jam makan mereka. Bahkan ada sejumlah orang yang terbiasa makan menjelang larut malam menjelang tidur. Sayangnya meski makan larut malam justru membuat kita merasa sangat lapar ketika bangun tidur.

Kenapa makan menjelang tidur justru membuat tubuh merasa lapar?

BPKAD Pati

Pusat kendali rasa lapar

Melansir laman Hello Sehat, nafsu makan dan rasa lapar itu diatur oleh hipotalamus yang berada di inti batang otak.

Sel-sel di daerah ini menanggapi kadar glukosa darah untuk impuls saraf yang timbul dari saluran pencernaan dan berbagai hormon, termasuk hormon ghrelin, leptin dan tiroid, serta berbagai rangsangan lain.

Fluktuasi hormon dan kadar glukosa darah mempengaruhi nafsu makan dengan cara yang dapat diprediksi. Sebagai contoh, tingkat glukosa darah yang turun atau tingkat ghrelin yang meningkat dapat merangsang rasa lapar, sementara tingkat kenaikan glukosa atau leptin menekan nafsu makan.

Baca Juga :   Kenali Penyebab Pusing Ketika Bangun Tidur

Saat kadar glukosa darah turun atau peningkatan hormon ghrelin akan menstimulasi rasa lapar; peningkatan kadar glukosa atau hormon leptin akan menekan nafsu makan.

Oleh sebab itu makan larut malam ternyata bisa memprovokasi perubahan fisiologis yang akan meningkatkan rasa lapar keesokan harinya.

Baca juga: Anti Gagal, Berikut Tips Diet Tanpa Takut Lapar

Pengaruh hormon insulin

Selain ada kontrol dari hipotalamus, hormon insulin juga bisa mempengaruhi selera makan. Insulin merupakan hormon yang diproduksi oleh pankreas sebagai respon dari makanan yang dikonsumsi.

Insulin memberikan rangsangan pada sel-sel dalam hati, jaringan lemak dan otot untuk menyerap glukosa dan kemudian membakarnya untuk dijadikan energi bagi tubuh atau menyimpannya untuk cadangan energi tubuh.

Baca Juga :   Sultan Medan Beli Tesla Saat Insomnia, Rasul Justru Mengajarkan Doa Ini

Di saat insulin membuat kadar glukosa turun, pankreas dan kelenjar adrenal akan memproduksi hormon kontra-regulasi, seperti glukagon dan epinefrin.

Baca  juga: Hilangkan Efek Terbakar karena Kepedasan dengan Minuman Ini

Tubuh tetap bekerja meski tidur

Nah nafsu makan di otak distimulasi oleh kadar glukosa yang turun dan hormon kontra-regulasi yang akan membuat tubuh merasa lapar lagi. Dengan demikian, semakin banyak insulin pankreas yang dihasilkan oleh tubuh dalam merespon makanan yang dikonsumsi maka semakin besar potensi tubuh untuk merasa lapar lagi.

Ketika makan menjelang tidur, apalagi jika makan makanan yang memiliki kandungan gula dan karbihidrat tinggi, tubuh akan memproduksi banyak hormon insulin dari pankreas. Setelah selesai diproduksi, insulin tersebut akan mendorong glukosa masuk ke dalam sel tubuh, dan proses ini akan terus berlanjut meskipun tubuh dalam keadaan tidur.

Baca Juga :   Lalapan Daun Kenikir dan Manfaatnya Mencegah Hipertensi

Saat dalam kondisi tidur, tubuh akan terus mengalami penurunan glukosa darah yang kemudian akan merangsang pelepasan hormon kontra-regulasi, sehingga menyebabkan stimulasi pada pusat nafsu makan.

Proses-proses tersebut membuat tubuh merasa sangat lapar saat bangun di pagi hari. Namun, kondisi itu bisa terhindar jika bangun di tengah malam lalu makan untuk menghilangkan rasa lapar yang tiba-tiba datang tersebut. (*)

Baca juga: 5 Minuman yang Bagus Dikonsumsi Mendukung Program Diet

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Berita Terkait