oleh

Dewan Harap PPKM Mikro Bisa Deteksi Angka Covid-19 di Lini Bawah

Pati, Mitrapost.com – Ketua Fraksi Nurani Keadilan Rakyat Indonesi (NKRI) DPRD Pati, Narso berharap dengan adanya kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro bisa mendeteksi statistik angka kasus Covid-19 di lini bawah.

“Kita berharap transparansi peta penyebaran Covid-19, sehingga kita tahu daerah mana yang menerapkan PPKM mikro,” kata Narso kepada Mitrapost.com, Kamis (11/2/2021).

Politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ini mengungkapkan data kasus Covid-19 di Pati yang saat ini di website sudah jarang di update, bahkan masyarakat tak Lagi antusias untuk mengakses laman tersebut.

Baca juga: Tingkatkan Wisatawan, Dewan: Fasilitas Wisata di Pati Perlu Diperbaiki

“Seperti kita tahu peta di Pati ini kan tidak dirilis lagi, zona merah yang mana kita tidak tahu. Jika kecamatan itu merah di desa mana-mana saja. Sepertinya jarang diupdate atau malah tidak diupdate,” ungkap Ketua Fraksi NKRI DPRD Pati itu.

Dengan diketahuinya update zona penyebaran Covid-19 diharapkan respons masyarakat terhadap Covid-19 yang kendor dapat ditingkatkan lagi sehingga upaya tracking dan tracing bisa dilakukan maksimal.

Perlu diketahui PPKM secara mikro mulai diberlakukan pemerintah pada tanggal 9 hingga 22 Februari 2021.

Baca juga: Video : RKPD 2021 Pati Masuk 10 Besar se-Jateng, Dewan: Semoga Jadi Percontohan

Kebijakan ini sekaligus merespons evaluasi program PPKM Jawa-Bali yang dinilai kurang efektif menurunkan angka kasus Covid-19 di berbagai wilayah.

Dalam kebijakan baru penerapan PPKM mikro pemerintah melalui satgas Covid-19 di tingkat desa diinstruksikan untuk memetakan wilayah atau zona hingga tingkat RT dan RW.

Untuk memetakan kondisi masing-masing wilayah dan diklasifikasikan menjadi wilayah atau zona hijau, kuning, oranye dan merah sebagai bahan mendukung peta sebaran Kabupaten Kota.(Adv/MA/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait