Orang Bermobil Terima PKH, Data Kemiskinan Pati Diminta Perbaikan

Pati, Mitrapost.com – Data kemiskinan atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kabupaten Pati perlu diperbaiki. Lantaran, ada beberapa orang yang kaya masih menerima bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) atau bantuan sosial lainnya.

Anggota Kamar Dangan dan Industri (Kadin) Kabupaten Pati, Subaskoro, meminta data kemiskinan perlu diperbaiki setiap waktu. Dalam pengamatannya, banyak rumah-rumah yang bagus bahkan berlantai dua mendapatkan bantuan PKH.

“Kami usul indikator angka kemiskinan ini mendekati valid. Karena menurut kami banyak warga yang rumahnya layak tetapi mendapatkan PKH,” ujar Subaskoro saat menghadiri secara virual acara Konsultasi Publik Rancangan RKPD Kabupaten Pati tahun 2022, belum lama ini.

Baca juga: Video : Dampak Jateng di Rumah Saja dan PKH, Permintaan Beras Menurun

Baca Juga :   Minimalisir Salah Sasaran, Pemdes Berharap Punya Hak Tentukan Penerima Bansos

Menurutnya, apabila data ini tidak diperbaiki, maka angka kemiskinan di Kabupaten Pati akan sulit turun. Dan dikhawatirkan program yang dilakukan pemerintah tidak tepat sasaran.

“Kalau ini tidak kita perbaiki akan menimbulkan angka kemiskinan sulit untuk turun,” tutur Subaskoro.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Kabupaten Pati, Subawi mengatakan pihaknya tidak bisa menghapus serta merta data kemiskinan. Karena data kemiskinan sudah dimusyawarahkan pihak desa.

Baca juga: Stok Minim, Harga Sayur di Pasar Rembang Naik

“Tentang validasi kemiskinan, memang betul rumahnya bagus tapi ndak bisa kerja dan sebagainya. Dinsos ndak bisa mengelak karena dari desa sudah dimudeskan,” jelas Subawi.

Baca Juga :   Bansos BLT Dana Desa Diperpanjang Hingga Bulan September

Meskipun demikian ia mengaku, pihaknya selalu mengupdate data kemiskinan di Kabupaten Pati. “Setiap bulannya di update dengan SIG NG. Bila kompenennya sudah. Kabupaten Pati yang paling sregep mengeluarkan PKH itu Kabupaten Pati,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati