oleh

Runway Bandara Ngloram Diperpanjang, Pembebasan Lahan Segera Diproses

Blora, Mitrapost.com Ditjen Perhubungan Udara, Kemenhub RI akan mempperpanjang landasan pacu atau runway di Bandara Ngloram, Blora. Hal tersebut mendapat sambutan positif dari pemerintah Kabupaten Blora.

Wakil Bupati Blora Arief Rohman mengatakan bahwa Pemkab akan mendukung dan siap memfasilitasi percepatan pembangunan landasan pacu yang anggarannya sudah masuk dalam APBN pusat tahun 2021 ini.

Pemerintah Kabupaten Blora mendukung penuh kelanjutan pembangunan Bandara Ngloram oleh Pemerintah Pusat melalui Ditjen Perhubungan Udara, Kemenhub RI. Yang mana pada tahun 2021 ini salah satunya akan memperpanjang landasan pacu atau runway dengan anggaran APBN Pusat.

“Saat rapat, Pak Sesditjen menyampaikan bahwa tahun 2021 ini ada kegiatan perpanjangan runway atau landasan pacu sepanjang 100 meter ke arah barat. Sehingga total akan menjadi 1600 m, dari sebelumnya hanya 1500 meter,” ucap Wabup dalam rapat koordinasi secara daring (online) dengan Sekretaris Ditjen Perhubungan Udara, Kemenhub RI, Nur Isnin Istiartono, Senin siang (15/2/2021).

Baca juga: Fokus Penanganan Covid-19, Pembebasan Lahan Bandara Ngloram Ditunda

Untuk perpanjangan runway tersebut, menurut Arief, Ditjen Perhubungan Udara membutuhkan lahan seluas 2 hektar dengan ukuran sekitar 130 m x 150 m.

“Tadi juga kita sampaikan ucapan terima kasih kepada Pak Menteri Perhubungan dan seluruh jajarannya yang telah memberikan dukungan pembangunan bandara ini. Pada dasarnya kita dari Pemkab siap mendukung dan akan mengupayakan agar proses pembebasan lahannya bisa berjalan sesuai jadwal sehingga di 2021 ini perpanjangan runway nya bisa dilakukan,” tambahnya.

Menurut Sesditjen anggaran untuk pembangunan fisik landasan pacu sudah tersedia dari APBN Pusat tahun 2021 sehingga pembebasan lahannya butuh proses segera. Untuk besar anggarannya, pihaknya belum bisa menyampaikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) Kabupaten Blora, Pratikto Nugroho, menyatakan kesiapannya untuk segera mengkoordinasikan rencana sosialisasi kepada masyarakat dengan menggandeng pihak terkait mulai dari Camat hingga Kepala Desa. (*)

Baca juga: Uji Coba Pendaratan di Bandaran Ngloram Berhasil, Ganjar: Harapan Baru

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait